Pertanyaan Seputar Covid-19 Virus Corona di Dialog Islam Garuda Edisi 21 s.d 26 Maret 2020

Pertanyaan tentang corona covid-19 dan hubungannya dengan hukum Islam, aqidah, ibadah, muamalah

Berikut ini Pertanyaan Seputar Covid-19 Virus Corona di Dialog Islam Garuda Edisi 21 s.d 26 Maret 2020

*Tanya*
Apakah benar surat Al-Ahzab 33 berhubungan dengan Corona?
Mengenai QS Al Ahzab ayat 33 disana ada kalimat, "wa qorna fii buyuu tikunna" _Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu_ apakah termasuk cocokologi dgn situasi skrng yg hrs berdiam diri di rmh krn ada virus corona,  krn banyak yg broadcast hal tsb di medsos.
*Jawab*
Ayat ini tdk ada hubungannya dgn corona seandainya akan digunakan kata _qorna_ nya, sebab waqorna disana, nun nya dhomir bkn nun fi'il, yaitu utk perempuan, maka laki2 tdk terkena dgn ayat ini.

Ayat ini dulu dikhususkan utk istri2 Nabi agar tetap di rmh, dan keluar rmh  kecuali ada kepentingan, dan ayat ini skrng berlaku utk semua mukminat atau perempuan mukmin.

*Tanya*
Apabila yang meninggal akibat corona ortu atau saudara bagaimana cara keluarga mensholatkan jenazahnya, sedangkan kita di larang untuk mendekat
*Jawab*
Jika kita dilarang mendekat krn berbahaya, tdk ada sholat jenazah dan tdk ada sholat ghaib, cukup dgn mendoakannya saja. Krn hal tsb tdk akan mengurangi pahalanya.

*Tanya*
Corona adalah nyata. Terkena atau tdk adalah urusan ghaib sesuai yg dikendaki-Nya. Bgmn cara menyikapinya?
*Jawab*
Kita jgn sombong dgn mengatakan tdk takut corona, tp jgn berlebihan dgn mencurigai setiap orang.

Lakukan semua anjuran pemerintah utk lockdown dan social distancing dan SOP dlm menjaga kebersihan dan hindari berita2 hoax.

*Tanya*
Apakah dokter yg meninggal krn mengurusi pasien corona, apakah termasuk.mati syahid?
*Jawab*
Jika muslim termasuk mati syahid, krn ukuran syahid itu dinilai sbg orng yg melakukan amal shaleh, berarti hrs muslim dan mukmin

*Tanya*
Td ketika shola ashar berjamaah di mesjid Baiturrahman Batununggal, pas mu ruku terakhir pd angkt tgn lalu imamny berdoa ky qunut pdhl g ada contony aku mah diem aja
*Jawab*
Qunut terkait virus corona blm.bisa dijadikan nazilah/penyebab dilaksanakannya qunut

*Tanya*
Saya td menonton di televisi, petugas di rmh sakit yg menangani pasien corona, boleh sholat tnp wudhu dan tnp tayamum
*Jawab*
Krn petugas menggunakan alat (perlengkapan pengaman) sehingga jika dibuka hrs dibuang (sekali pakai), sehingga wudhu dan tayamumpun tdk memungkinkan. Sehingga mrk sholat dgn pakaian yg mrk kenakan, mrk sdh beritikad utk sholat, dgn tayamun yg seolah2 tayamum, krn tangan tdk boleh menempel ke wajah.

*Tanya*
Saya seorang mualaf. Ada yg mau saya tanyakan tentang dalil sholat berjamaah di mesjid merenggangkan barisan krn situasi wabah virus corona. Apa sholatnya sah ? Krn saya pernah baca hadist kalo dlm sholat berjamaah kita hrs merapatkan barisan
*Jawab*
Shalat nya tidak sah.  Karena tidak ada dalil yg membolehkan shalat dengan merenggangkan shaf.

Malah yang ada dalil sebaliknya, yaitu merapihkan, meluruskan dan merapatkan shaf

 صحيح البخاري

رقم: 676

كتاب:  الأذان

باب:  تسوية الصفوف عند الإقامة وبعدها


حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ هِشَامُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ مُرَّةَ قَالَ سَمِعْتُ سَالِمَ بْنَ أَبِي الْجَعْدِ قَالَ سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ يَقُولُ

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَتُسَوُّنَّ صُفُوفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللَّهُ بَيْنَ وُجُوهِكُمْ

--------

Shahih Bukhari

No: 676

Kitab: Adzan

Bab: Meluruskan barisan shaf ketika dikumandangkan iqamah atau sesudahnya

Telah menceritakan kepada kami [Abu Al Walid Hisyam bin 'Abdul Malik] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syu'bah] berkata, telah mengabarkan kepadaku ['Amru bin Murrah] berkata, Aku mendengar [Salim bin Abu Al Ja'd] berkata, Aku mendengar [An Nu'man bin Basyir] berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Luruskanlah shaf kalian, atau Allah akan memalingkan wajah-wajah kalian."

 مسند أحمد

رقم: 12113

كتاب:  باقي مسند المكثرين

باب:  مسند أنس بن مالك رضي الله عنه


حَدَّثَنَا أَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ أَنْبَأَنَا جَعْفَرٌ يَعْنِي الْأَحْمَرَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ أَنَسٍ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَاصُّوا الصُّفُوفَ فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَقُومُ فِي الْخَلَلِ


--------

Musnad Ahmad

No: 12113

Kitab: Sisa Musnad sahabat yang banyak meriwayatkan hadits

Bab: Musnad Anas bin Malik Radliyallahu 'anhu



Telah menceritakan kepada kami [Aswad bin 'Amir] telah memberitakan kepada kami [Ja'far yaitu al-Ahmar] dari [Atha' bin as-Sa'ib] dari [Anas] berkata, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda, "Rapatkan barisan-barisan shalat kalian, karena setan berdiri di barisan yang lowong

*Tanya*
Bagaimana dgn sholat jumat yg skrng ini memakai qunut?
*Jawab*
Kita tdk melihat qunut itu pd waktu, tp dilihat dr segi kejadian/nazillah.

Syarat yg berkaitan dgn disyariatkannya qunut, adapetunjunjuk dari Rasulullah, yaitu jika terjd pembantaian, kedholiman, termasuk di dlmnya pembantaian thd para mujahid Islam. Dan Rasulullah melakukan doa qunut ini pd semua waktu sholat fardhu, pd ruku terakhir, termasuk pd sholat jumat.

Mewabahnya virus corona blm bisa dijadikan alasan (nazilah) yg kuat utk dilaksanakannya qunut pd sholat jumat.

*Tanya*
sedang viral  ustadz.....sensi juga...

- virus corona ini adalah senjata biologis yg sengaja di buat oleh amerika, utk menjatuhkan china dan iran sbg musuh utama amerika.

- corona juga adl virus yg sengaja dibuat oleh Iluminati yg bernaung di bawah PBB dan IMF, utk membentuk dunia baru dgn penguasaan tatanan ekonomi di satu tangan.

- sebenarnya obat penawar virus ini sdh dibuat oleh amerika, sehingga suatu saat nanti ekonomi negara2 dunia akan jatuh, dan pada saat itulah dimunculkan obat penawar, maka kembali amerika akan menjadi penguasa dunia...

Mohon tanggapannya...pelurusan masalahnya..

*Jawab*
1. Sekiranya hal tsb benar, apa kepentingannya kita menerangkannya atau mengetahuinya?

2. Sekiranya itu benar, apakah ada manfaatnya utk kita?

Bukan masalah benar atau tidaknya, tp utk apa keperluannya.

Dari hal ini kita mendptkan petunjuk, dari Abu Hurairah, " Aku mendptkan 2 kabar dari Nabi, yg satu hrs aku kabarkan, yg satu, sekiranya aku kabarkan, maka Abu Hurairah mengisyaratkan ke leher.. Leherku dipotong"


Kesimpulan dari hadist tsb,

1.Ketika hal tsb benar, apakah hrs disampaikan, atau apabila telah disampaikan leher yg dipotong. Jd kita hrs bersikap profesional dan proporaional.

2. Illuminati adalah organisasi yg sangat rahasia, tp mengapa bisa ada penggiringan opini bhw semua ini ulah illuminati, krn siapa tau issue ini ditiupkan oleh illuminati dan kita jd pengecer yg menyebarkannya.

3. Terkadang dua aspek yg hrs kita lakukan secara seimbang dan proporsional antara ajaran dan gerakan, yg tdk mudah adalah gerakan, tergantung darimana sumber yg paling shahih itu didapat.

*Tanya*
Apakah Nabi Yunus juga dilockdown di perut ikan paus?
 *Jawab*
Nabi Yunus adalah salah satu pelajaran bagi kita, contoh yg dilockdown adalah  Nabi Yunus. Di lockdown supaya tafakur atas segala kesalahan.

Perbedaannya, saat itu Nabi Yunus dilockdoqn bkn krn penyakit fisik, tp krn pernah sombong dan pts asa dlm berdakwah.

*Tanya*
Apa hukum tembak mati ditempat bagi yg positif terkena corona?
*Jawab*
Dlm syariat Islam, seseorg yg bisa dipastikan  bisa membahayakan banyak pihak dan tdk ada cara lain, maka mematikan itu bkn utk membunuh dia, tp utk menyelamatkan orng banyak yg masih sehat.

Jika itu jd jalan terkahir, dibolehkan, krn bisa jd sumber malapetaka.

Tak ubahnya sprt maling yg mau masuk ke rmh kita, kita dibolehkan utk menyelamatkan diri dan melindungi harta kita dgn cara apapun.

______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Pertanyaan Seputar Covid-19 Virus Corona di Dialog Islam Garuda Edisi 21 s.d 26 Maret 2020
Pertanyaan Seputar Covid-19 Virus Corona di Dialog Islam Garuda Edisi 21 s.d 26 Maret 2020
Pertanyaan tentang corona covid-19 dan hubungannya dengan hukum Islam, aqidah, ibadah, muamalah
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/03/pertanyaan-seputar-covid-19-virus.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/03/pertanyaan-seputar-covid-19-virus.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content