Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Sabtu, 25 April 2020

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Sabtu, 25 April 2020 *PROLOG* Rasulullah lbh senang mengakh...

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Sabtu, 25 April 2020


*PROLOG*
Rasulullah lbh senang mengakhirkan sahur, berbeda dgn waktu berbuka, Rasulullah lbh senang menyegerakan berbuka.

Sebagaimana yg dinyatakan dlm hadis riwayat dari Imam An-Nasa'i yg bersumber dari Abu Athiyah yg pernah bertanya pd Aisyah r.a. _Aku berkata pd Aisyah, diantara kita ada dua orng dan salah seorang diantaranya menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, sedangkan yg lain mengakhirkan berbuka dan menyegerakan bersahur. Ia bertanya, " siapakah diantara keduanya yg menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur? Aku menjawab, "Kata Abdullah bin Mas'ud, demikianlah Rasulullah SAW melakukannya_

Dlm hadis yg lain, riwayat Imam Ahmad, _umatku akan senantiasa berada dlm kebaikan selama mrk menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur_

Dlm teknisnya,, saat wkt maghrib sdh masuk, kita berdoa, boleh scr umum, yaitu _Bismillaahirrahmaan nirraahiim_ atau berdoa scr khusus utk berbuka shaum _Dzahabazh zhoma'u  wabtallatil 'uruuq wa tsabatal ajru insyaa Allaah_ 
Telah hilang rasa haus dan telah basah tenggorokan dan semoga ada pahala yg ditetapkan, insya Allah.

Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur termasuk sunah. 



*Tanya*
Ada yg berpendapat bhw doa berbuka pd prolog diatas dhoif, mohon penjelasannya
*Jawab*
Jika hanya melihat satu jalur, sepertinya hadis ini dhaif, tp jika melihat bbrp jalur, hadis ini saling menguatkan, derajatnya naik menjd hasan,  ini mnrt penelitian bbrp ahli hadis,  
Jd jika dibandingkan dgn  doa berbuka shaum yg selama ini kita kenal, _Allohumma lakashumtu wabika amantu wa 'ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin_ derajatnya sangat lemah. 
Secara ilmu hadis atau musholahul hadis, hadis ini lemah, krn ada rawi yg statusnya majhul hal (tdk dikenal sifat dan  keadaaannya)  yg bernama Hasyim bin Said Ashimsyar.
Bbrp pendpt ahli hadis ttng Hasyim bin Said,
- Imam Al Hakim berpendpt bhw dia sangat munkar
-Imam Al Bayhaqi mengatakan dhaif
-Ibnu Hajar mengatakan munkar
-Imam Bukhari & Imam Muslim mengatakan, "Dia suka meriwayatkan hadis2 yg aneh"
-Imam Adz-Dzahabi mengatakan, "Para ulama ahli hadis  mendhoifkan/melemahkan."
Karena riwayat ini munkar dan tdk bisa menjadi syahid/penguat.

Ada memang yg  lbh menyukai berdoa dlm bhs Arab atau  yg menggunakan bhs Nabi, namun alangkah lbh baiknya jika kita mendahulukan yg sdh melalui penelitian ilmiah mnrt ilmu hadis ttng derajat hadis tsb.


*Tanya*
Saya laki2 pekerja berat, apakah boleh berbuka, bgmn mengqodhonya?
*Jawab*
Dlm Al Qur'an, pekerja berat  termasuk pd orang2 yg sebenarnya bisa melaksanakan sbaum, tp memberatkan/memayahkan, sehingga diberi keringanan oleh Allah utk berbuka dan  memberi fidyah, jika tdk sanggup membayar fidyah, maka dia yg  berhak menerima  bantuan pangan dan sandang dr para aghnia.


*Tanya*
Mohon dalil kalau ma'mun cukup mendengarkan bacaan imam dlm sholat yg dizaharkan
*Jawab*
Dalam QS Al A'raf 204
_Apabila dibacakan Al Qur'an  maka dengarkanlah  dan diamlah, agar kamu mendapatkan rahmat_

Ayat ini diturunkan sehubungan dgn peristiwa dimana para sahabat yg berma'mum dibelakang Rasulullah suka mengobrol saat sholat, dan ada yg mengikuti bacaan Rasulullah dalam sholat yg dizaharkan.

Abu Hurairah berkata, _"Ayat ini diturunkan berkenaan dgn bacaan keras pd waktu sholat dibelakang Rasulullah SAW yg menjadi imam."_
HR Ibnu Abi Hatim.

HR Imam Muslim, dari Abu Musa Al Asyari  ra, 
_Sesungguhnya imam itu diangkat utk diikuti dan ditaati. Apabila imam takbir, maka bertakbirlah kamu dan apabila imam membaca ayat, maka diamlah_


*Tanya*
Bolehkan sholat taraweh diakhirkan dan bila berjamaah dgn istri, bgmn posisi shafnya, apakah sejajar atau kebelakang?
*Jawab*
Boleh, krn dimensi waktu taraweh/tahajud dari isya hingga menjelang subuh. 

Bbrp penamaan sholat malam
- Tahajud,, 
Dilakukan di 1/3 malam setelah tidur, QS Al Isra 78-80
- Tarawih
Ini adalah istilah para ulama krn dilakukan dlm suasana tenang/tumaninah/tdk tergesa2. Dinamakan jg sholat qiyamu romadhon krn dilakukan pd bulan ramadhan
- Witir
Krn jumlahnya ganjil.

Dlm HR Imam An-Nasai, Imam Ahmad, _Rasulullah mengatakan, tidak ada dua witir dlm satu malam._

Jika kita melaksanakan sholat taraweh di awal malam, lalu terbangun di 1/3 malam,, kita tdk boleh melaksanakan tahajud lagi, kecuali jika melaksanakn tarawehnya dicicil, misal setelah isya 4 rakaat dulu kmdn tidur. Pd saat menjelang sahur tinggal dilengkapi kekurangannya/disempurnakan. Formasinya bisa 2-2-2-2-3, atau 2-2-2-2-2-1.. 

Namun apabila sholat tarawih dilaksanakan langsung setelah sholat isya, maka formasinya sdh muqoyyad yaitu 4-4-3. 

*Posisi sholat  berjamaah dgn istri adalah, istri di belakang*


*Tanya*
Bgmn cara membayar fidyah, apakah saat hari tdk shaum itu atau bgmn?
*Jawab*
Lebih cepat lebih baik. 
Bisa dibayar perhari atau nanti setelah akhir bulan ramadhan. 


*Tanya*
Di masjid saya ada kalau seling tarawih suka membacakan "wabarik wasalim alaik" . Sambil teriak. Apakah itu Hadis nya?
*Jawab*
Tdk ada hadisnya.

Tujuannya baik yaitu bersholawat pd Nabi, tp caranya yg sambil teriak, adalah tdk benar. Bersholawat artinya mendoakan,, seharusnya dilakukan dgn baik dan sopan.

Jika disuruh melakukan kebaikan caranya pun hrs benar.

*Tanya*
Bagaimana hukumnya sholat sambil membaca mushaf
*Jawab*

Solat sambil memegang mushaf

Dalam menyikapi masalah ini para ulama berbeda pendapat.Sebagian membolehkannya dan sebagian lain mengatakan bahwa hal itu membatalkan shalat.
1.Kalangan yang Membolehkan
Di antara yang membolehkan shalat sambil memegang dan membaca dari mushaf antara lain al-Imam Malik, al-Imam as-Syafi’i, al-Imam Ahmad bin Hanbal, Abu Yusuf.
Namun meski mereka memandang bahwa shalat sambil membaca mushaf Alquran bukanlah hal yang terlarang, namun lebih dikhususkan untuk shalat sunnah atau nafilah dan bukan shalat wajib.
Selain itu mereka tetap mensyaratkan agar tidak terlalu banyak gerakan yang akan mengakibatkan batalnya shalat. Hal itu mengingat bahwa dalam pandangan para ulama syafi’i misalnya, tiga kali gerakan yang berturut-turut tanpa jeda sudah dianggap membatalkan shalat. Meski membolehkan, namun mereka tetap mengatakan bahwa shalat dengan menghafal langsung tanpa membaca dari mushaf tetaplah lebih utama dan lebih baik.
Imam Nawawi berkata dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhaddzab: “Orang yang membaca mushaf ketika salat tidaklah batal salatnya, sekalipun ayat yang dibaca telah dihapalnya atau tidak. Bahkan hukumnya bisa menjadi wajib bila orang itu ternyata tidak hapal surah alfatihah. Dan dalam hal ini membolak-balik lembaran mushaf pun tidak membuat batal salatnya, dan tidak batal pula bila yang dibaca hanya berupa lembaran kertas bukan mushaf yang akhirnya membuat dirinya membaca terulang dan terbata-bata hingga waktu yang lama, tapi hal ini makruh dikerjakan”. (al-Majmu’, juz 4 hal. 27)
Imam Rahibani mengutip pendapat mazhab Hambali sebagai berikut: “Diperbolehkan bagi orang yang salat membaca quran dari mushaf. Imam Ahmad sendiri berkata: tidak mengapa mengimami orang banyak tapi membaca ayat quran dengan melihat mushaf. Imam Zuhri ditanya tentang orang yang membaca ayat dalam salatnya di bulan Ramadan dengan melihat mushaf, maka beliau menjawab: pemuka-pemuka mazhab Hambali membaca quran dari mushaf”. (Matholib Aula al-Nahy, juz 1 hal 483-484)
Dalil-dalil yang dijadikan landasan kebolehan
a. Zakwan mengimami Aisyah ra. dengan melihat mushaf. Diriwayatkan bahwa sahaya Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha yang bernama Zakwan telah shalat menjadi imam bagi Aisyah ra. di bulan Ramadhan. Dia menjadi imam sambil membaca Alquran dari mushaf. Riwayat ini sampai kepada kita melalui Ibnu Abi Syaibah (al-Mushannaf, juz 2 hal. 123)dan al-Baihaqi (as-Sunan al-Kubro juz 2 hal. 253) Kisah ini dirawayatkan pula oleh al-Bukhari secara mu’allaq (Shahih al-Bukhari juz 1 hal.245 bab Imamah al-‘Abd walMaula)
b. Nabi saw. shalat sambil menggendong anak
Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abi Qatadah bahwa Rasulullah saw. shalat sambil menggendong anak (cucu beliau).
Dari hadis itu diambil pemahaman (mafhum muwafaqah fahwal khitab) kalau menggendong anak saja tidak membatalkan shalat, apalagi bila sekedar memegang mushaf. Padahal memegang mushaf itu punya manfaat tersendiri agar tidak salah bacaan, serta bermanfaat buat yang belum hafal Quran dari ingin membaca lebih banyak di dalam shalat.
c. Nabi saw. terganggu salatnya tapi tetap meneruskan
Dalam hadis lain disebutkan bahwa Rasulullah merasa terganggu konsentrasi shalatnya ketika melihat al-khamishah (kain empat persegi terbuat dari wol), namun tidak ada keterangan bahwa beliau mengulangi shalatnya. Beliau bersabda, “Benda itu melalaikanku dari shalatku”. (H.r. al-Bukhari danMuslim)
Terganggunya shalat tidaklah membatalkannya. Karena tidak ada keterangan beliau mengulangi shalatnya. Maka demikian juga dengan memegang mushaf, meski barangkali agak mengganggu namun tidak lantas membatalkan shalat.
2. Pendapat yang Mengatakan Batalnya Shalat
Namun ada pendapat yang tidak membolehkannya secara mutlak, yaitu pendapat kalangan mazhab Al-Hanafiyah dan Az-Dzahiriyah.
Pendapat mereka didasari oleh beberapa hal, di antaranya:
a. Hadits Ibnu Abbas ra.
Dalam kitab Al-Mashahif, Imam Ibnu Abi Daud meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas ra. berkata, “Amirul Mukminin melarang kami untuk menjadi imam shalat di depan orang-orang sambil melihat ke mushaf.”
b. Melihat mushaf sama dengan berbicara dengan orang lain Selain dengan hadits di atas, larangan membaca dari mushaf yang mereka pegang beralasan bahwa membaca dari mushaf sama kedudukannya dengan talqin (dibacakan oleh orang lain).
Dan talqin itu sama dengan berbicara dengan orang di luar shalat. Sedangkan berbicara dengan orang lain yang tidak ikut shalat itu membatalkan shalat.
c. Selain itu, alasan pelarangannya karena membaca dari mushaf itu umumnya dilakukan sepanjang bacaan shalat. Ini berbeda dengan kasus imam yang lupa bacaan quran dan diingatkan oleh makmum. Dalam kasus itu, meski seolah ada ‘pembicaraan’ antar imam dan makmum, namun yang terjadi hanya sesekali saja, tidak sepanjang shalat.
Sedangkan membaca dari mushaf didudukkan seperti imam berbicara dengan orang lain, meski hanya lewat tulisan saja.
3. Pendapat Kami
Membaca ayat dari mushaf ketika salat melanggar beberapa ketentuan salat, antara lain:
(1) Ketika salat mata atau pandangan haruslah melihat kepada tempat sujud (kecuali pada saat tasyahud melihat kepada telunjuk yang digerak-gerakan). Apabila salat sambil membaca mushaf berarti ketentuan ini dengan sengaja dilanggar
(2) Ketika salat disyariatkan menyimpan tangan kanan di atas tangan kiri (tangan kiri digenggam oleh tangan kanan). Apabila salat sambil membaca mushaf, tentu saja mushafnya dipegang. Ini berarti sengaja melanggar ketentuan posisi tangan ketika salat.
(3) Ketika salat tidak dibenarkan bergerak selain melakukan kaifiyat salat, kecuali ada ilat (sebab) yang dibolehkan syariat, antara lain: (a) membunuh binatang yang membahayakan orang yang sedang salat, (b) berisyarat menjawab salam, (c) berjalan untuk membuka pintu. Sedangkan ketika seseorang salat sambil membawa mushaf maka hal itu akan menyebabkan seseorang banyak bergerak karena “mushaf” yaitu membuka, menutup, meletakannya di ketiak atau di saku dan sebagainya.
Bagaimana dengan makmum ? Pelanggarannya sama dengan di atas dan ditambah dengan ketentuan lain, yaitu jika Imam membaca, maka makmum haruslah mendengarkan, bukan membaca mushaf. 


*Tanya*
Apakah Benar sebutan Ramadhan Karim atau Ramadhan Mubarak?
*Jawab*
Dua2nya benar dan boleh.
Ramadhan Karim artinya Ramadhan Mulia, sdngkn Ramadhan Mubarak artinya Ramadhan Diberkahi. 


*Tanya*
Mohon dijelaskan tata cara sujud tilawah pd ayat sajdah dlm QS Al 'Alaq, kapan sujud tilawah dilakukan, apakah pd kalimat _wasjud_ atau pd kalimat _waqtarib_ ?
*Jawab*
Ketika kita sedang membaca ayat ini, baik ketika sdng sholat maupun diluar sholat maka sujud. Apabila dlm sholat, saat imam membaca *wasjud waqtarb* kalau imam sujud, maka itu sujud tilawah, ma'mum bersujud mengikuti imam. Namun jika imam tdk sujud, ma'mum  tdk perlu sujud. 

Epilog
Mudah2an Allah SWT memberikan bimbingan, hidayah dan taufik disepanjang jalan hidup kita. 
Semoga di Ramadhan ini menumbuhkan keberanian dlm diri utk membantu yg lain yg  bernilai ibadah.
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,2,artikel fiqh,2,artikel Islam,23,Artikel Kiriman,46,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,2,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Sabtu, 25 April 2020
Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Sabtu, 25 April 2020
Pajagalan.com
http://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_27.html
http://www.pajagalan.com/
http://www.pajagalan.com/
http://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_27.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content