Rangkuman Tanya jawab kajian Dialog islam sore bersama Ustadz Didin Saepudin, Jumat, 24 April 2020

Rangkuman Tanya jawab kajian Dialog islam sore bersama Ustadz Didin Saepudin, Jumat, 24 April 2020   Tanya Buku2 apa saja yg bisa dibaca dis...

Rangkuman Tanya jawab kajian Dialog islam sore bersama Ustadz Didin Saepudin, Jumat, 24 April 2020
 

Tanya
Buku2 apa saja yg bisa dibaca disaat kondisi PSBB sekarang ini, yg direkomendasikan oleh Pak Ustadz, yg ada hubungannya dgn masalah keagamaan
Jawab
Ada banyak buku yg bisa dibaca, namun sebelum membeli buku, kita tentukan lbh dulu kriteria buku apa  yg ingin dibaca atau keilmuan apa yg ingin kita dalami lagi. Misal tauhid. Fiqh atau buku2 hadis dlsbg. 

Tanya
 Apakah benar ada sunah membaca QS Al A’la, Al kafirun dan Al Ikhlas pada tiga rakaat terakhir di sholat tarawih?
Jawab
Sebetulnya bkn anjuran, hanya kebiasaan Nabi disetiap sholat dalam kondisi 3 rakaat witir sholat tahajud, Beliau membaca ketiga surat tsb, yaitu surat Al A’la, Al kafirun dan Al Ikhlas, ini hanya semata apa yg dilakukan tnp diiringi perintah secara khusus pd kita utk membaca ketiga surat tsb dlm sholat 3 rakaat witir. Selain itu, Rasulullah juga ada kebiasaan membaca surat2 tertentu dlm sholat subuh dan sholat jumat. 
Ada bbrp hadis yg meriwayatkan tentang kebiasaan Nabi dlm witir membaca Al A’la, Al Kafirun dan Al ikhlas. Setidaknya ada riwayat  dari Abu Dawud, Ibnu Majab, yg meriwayatkan dari 2 rawi, yaitu Ubay bin kaab dan Ibnu Abas. Namun meskipun ada sdkt ikhtilaf ulama dlm bacaan ini, krn dipandang sbg riwayat yg lemah yg tdk bisa dijadikan hujjah krn ada salah seorng rawi yg tergolong rawi yg dhaif yaitu Yahya bin Ayyub. Namun hanya dari satu kategori inipun kita tidak  bisa serta merta menyatakan riwayat ini lemah, sebab ada jalur2 lain yg setidaknya bisa memperkuat bhw riwayat ini adalah riwayat yg bisa kita lakukan, tp dgn catatan bhw apa yg biasa kita baca bkn mrpkn suatu keharusan krn hanya semata2 sbg perbuatan Nabi yg tdk diiringi perintah oleh Nabi utk umatnya. Ini tdk menunjukkan wajib. Jadi kita boleh membaca selain dari ketiga surat tsb. 

Tanya
Kalau sholat isya dan tarawih, imam dan ma’mumnya perempuan, sebaiknya bacaannya dizaharkan atau disirkan ?
Jawab
Silahkan zaharkan saja krn semuanya perempuan. Berjamaah dlm kondisi umum/biasa yg dilakukan oleh jamaah laki2, itu berlaku jg aturan utk jamaah perempuan. Kecuali kalau perempuannya bergabung dgn laki2. 
Aturan sholat berjamaah hanya satu, krn contohnya hanya Raulullah saja. Selama tdk ada yg mengkhususkan dari dali, maka berlaku keumuman yg dicontohkan oleh Rasulullah.

Tanya
Adakah batas waktu berapa kali yg diijinkan oleh aturan agama utk tdk sholat jumat, walaupun ada sebab?
Jawab
Tdk ada batas waktu. Yg ada adalah hadis “meninggalkan jumat 3x berturut2 secara sengaja tnp uzur, tanpa alasan, maka akan diberikan neraka jahanam, krn dikategorikan murtad atau kekufuran.   Tapi utk kondisi sekarang msh bisa dilaksanakan sholat jumat di rmh dgn tetangga atau dgn anggota keluarga yg laki2 yg sdh baligh. 

Tanya
Apa betul ada larangan menggulungkan pakaian dan mengikat rambut utk laki2 ketika sedang sholat?
Jawab
Rasulullah SAW melarang seseorng utk mengatur rambutnya ketika akan sujud dan tdk boleh terhalang oleh pakaiannya yg dilipat.
Hadis  ini berhubungan dgn kekhusyuan dlm sholat, artinya larangan tsb bkn berhubungan dgn larangan  yg sifatnya haram, tapi hrs kita perhatikan bhw, kalau kita bisa menghindari apa yg dilarang oleh Nabi tsb, maka kita diharapkan akan mendapatkan derajat kekhusyuan yg tinggi.

Tanya
Lbh baik mana di bulan Ramadhan ini, mengutamakan menambah hafalan Al Qur’an atau menamatkan bacaan 30 juz?
Jawab
Jika kita sdh sering khatam Al Qur’an, sekarang tambah hafalannya, tp bacaan Al Qur.an hrs tetap dilakukan setiap hari.

Tanya
Apakah ada doa khusus setelah sholat tarawih atau sama saja dgn doa seteelah tahajud?
Jawab
Selama tdk ada dalil hadis Nabi yg shahih, maka tdk perlu kita amalkan. Krn tdk ada dalil yg shahih ttng amalan doa menjelang ramadhan, bermaaf2an sebelum ramadhan, doa khusus setelah sholat tarawih, doa niat shaum. Yg ada adalah doa berbuka shaum saja.

Tanya 
Ada dua pertanyaan yg ingin saya tanykan
1. Kalau perempuan pas sholat telapak kakinya terlihat krn mukenanya tdk sadar tersingkap. Apakah sholatnya sah atau tidak?
2 Kalau kita melihat hal tersebut, bgmn cara memberitahunya, menunggu sholatnya selesaikah baru dikasih tahu atau bgmn?
Jawab
Segala sesuatu krn ketidaksengajaan tdk akan termasuk pd catatan yg hrs kita pertanggungjawabkan. 
Sholatnya tetap sah.
Kita bisa menutupkan mukenanya saat dia sedang sholat sambil kita bicara dan memberitahunya 

Tanya
Utk formasi tarawih 4-4-3 bisa diganti ?
Jawab
Sampai hari ni yg kami dptkan keterangan syar’inya ttng taraweh, tdk pernah ada formasi selain 4-4-3, namun formasi yg selain itu, tdk sampai bid’ah. Hanya jika kita mencari sesuatu yg paling faktual ttng sholat tarawih di zaman Nabi adalah 4-4-3

Tanya
Bagaimana keutamaan sholat tarawih?
Jawab
Di bulan Ramadhan ajakan utk melaksanakan sholat tarawih berjamaah memang digaungkan oleh Rasulullah, berbeda dgn sholat tahajud di hari2 biasa diluar Ramadhan, tdk ada ajakan scr khsusus. Oleh karenanya sholat berjamaah melaksanakan qiyamu Ramadhan lbh utama/afdhal, tp munfarid pun sah.

Tanya
Utk bacaan surat stlh Al Fatihah dlm sholat tarawih, apakah boleh surat Al Baqarah misalnya dipotong menjdai 11x
Jawab
Pada dasarnya bacaan surat di sholat apapun kembali pd perintah umum dlm Al Qur’an, “bacalah yg mudah dlm hatimu dari hafalan Qur’an itu” artinya, bacaan surat dlm sholat tarawihpun bacalah yg mudah, tp tdk terlalu menganggap enteng, tp tdk boleh juga terlalu memaksakan. Apakah mau disambung, semua tergantung pd kemampuan kita. 
Dan utk imam sebaiknya melihat juga kondisi ma’mum, jika diantara ma’mum banyak yg sdh sepuh, sebaiknya bacaannya jgn yg terlalu panjang. Tp jgn pula krn alasan tsb, imam membaca surat2 yg sangat pendek pdhl ma’mumnya anak2 muda semuanya. 

Tanya 
Apakah disetap awal rakaat sholat di bulan Ramadhan setelah takbiratul ihram membaca doa iftitah?
Jawab
Iftitah itu kaitannya dgn takbiratul ihram dan takbiratul ihram ada disetiap awal mendirikan sholat., berrarti setelah takbiratul ihram membaca doa  iftitah dan ta’awudz

Tanya
Mulai dan sampai kapan rentang waktu sholat tarawih dpt dilaksanakan?
Jawab
Sholat tarawih boleh kita laksanakan tdk lansung berurutan dgn sholat isya, kita boleh melaksanakan sesuai dgn kebiasaan kita. Missal kita sdh terbiasa melaksankan tahajud di 1/3 malam, boleh, sebab pd dasarnya tarawih adalah tahajud diluar ramadhan, sebagaimana yg biasa dilakukan oleh Umar bin Khatab, dmn setaip ramadhan, Umar bin khatab mengontrol tiap masjid  dan menunjuk sahabat tertentu utk jd imam, sedangkan Umar sendiri melaksanakan tarawihnya sesaat sebelum melaksankan sahur. Tahajudpun boleh dilaksanakan setelah sholat isya, krn tidur dulu bkn mrpkn syarat sahnya sholat tahajud, hanya lbh afdhal. 

Tanya 
Apabila punya kebiasaan yg sama melaksanakan tahajud, apakah masih boleh melaksanakan sholat tarawih diakhir malam scr berjamaah?
Jawab 
Boleh 
Krn qiyamu romadhon berbeda dgn tahajud dlm pelaksanaannya, dmn sholat tahajud tdk dicontohkan dilaksanakan scr berjamaah.

Tanya 
Ada yg mewajibkan sehari sebelum shaum hrs keramas, apakah ada dalilnya?
Apakah benar jika kita sdh mandi junub dari haid, setelah dhuhur kita hrs ikut shaum?
Jawab 
Tdk ada, itu adalah kebiasaan orng2 Hindu yg mandi suci di Sungai Gangga, mrk percaya, mandi dengan air di Sungai Gangga bisa membersihkan dosa yg pernah diperbuat.

Jika bersih pas dhuhur, kmdn kita beberesih mandi, kepentingan kita mandi beberesih dari haidh adalah utk sholat, adapun shaumnya baru esok harinya ikut.

Tanya 
Apakah dlm sholat tahajud/tarawih formasi 4-4-3 ada tasyahud awal?
Jawab
Tidak ada

Tanya
utk memberikan makanan setiap ramadhan apakah berpahala dgn orng yg shaum tsb dan  termasuk  riya kah, krn di komplek saya memberikan makanan itu perblok2 rmh sesuai jadwal dari Pak RT
jawab
memberikan makan pd yg shaum memdptkan pahala sprt orng yg shaum tsb. Kita dianjurkan utk memberi makan pd yg shaum, hanya hrs ditetapkan dulu mana yg benar2 membutuhkan. Urusan riya tidaknya bkn urussan kita, riya urusan diri sendiri dgn Allah. Dan dlm memberikannya jgn sampai merendahkan atau menyinggung orng yg kita beri.
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman Tanya jawab kajian Dialog islam sore bersama Ustadz Didin Saepudin, Jumat, 24 April 2020
Rangkuman Tanya jawab kajian Dialog islam sore bersama Ustadz Didin Saepudin, Jumat, 24 April 2020
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_26.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_26.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content