Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ustadz Anshorudin Ramdhani, Kamis, 2 April 2020

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ustadz Anshorudin Ramdhani, Kamis, 2 April 2020 *Tanya* Mau nanya boleh ga mukul ata...

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ustadz Anshorudin Ramdhani, Kamis, 2 April 2020


*Tanya*
Mau nanya boleh ga mukul atau ngabanjur kucing atau bahkan menjebaknya dg makaban beracun yg suka buang kotorannya di halaman rumah saya ? 
*Jawab*
صحيح البخاري
رقم: 2192
كتاب:  المساقاة
باب:  فضل سقي الماء

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ حَبَسَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ جُوعًا فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ قَالَ فَقَالَ وَاللَّهُ أَعْلَمُ لَا أَنْتِ أَطْعَمْتِهَا وَلَا سَقَيْتِهَا حِينَ حَبَسْتِيهَا وَلَا أَنْتِ أَرْسَلْتِهَا فَأَكَلَتْ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ

--------

Shahih Bukhari
No: 2192
Kitab: Al-Musaqah (mengairi tanaman)
Bab: Memberi air minum 

Telah menceritakan kepada kami [Isma'il] berkata, telah menceritakan kepadaku [Malik] dari [Nafi'] dari ['Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhuma] bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada seorang wanita disiksa disebabkan mengurung seekor kucing hingga mati kelaparan lalu wanita itupun masuk neraka". Nafi' berkata; Beliau berkata: "Sungguh Allah Maha Mengetahui bahwa kamu tidak memberinya makan dan minum ketika engkau mengurungnya dan tidak membiarkannya berkeliaran sehingga dia dapat memakan serangga tanah".

*Tanya*
Mohon di terangkan Qur'an surat Al Mu'minun ayat ke 100 yg dimaksud barzah itu apa ??
*Jawab*
Alam Barzah sdh diciptakan sebelum dunia ini ada, yaitu alam dimana seseorng yg sdh mengalami kematian, dia akan berada di alam barzah, alam antara kehidupan dunia hingga nanti hari kebangkitan.

Arti barzah sendiri artinya dinding/pemisah.

*Tanya*
Apa boleh kita mendoakan pemerintahan yang dzalim dengan doa yg buruk karena saya nemu ada hadist  berbunyi _Ya Allah, siapa saja yang memimpin/mengurus urusan umatku ini, yang kemudian ia menyayangi mereka, maka sayangilah ia. Dan siapa saja yang menyusahkan mereka, maka SUSAHKANLAH DIA”_. (HR. Imam Muslim).
Dan berdasarkan QS Yunus ayat 88, 
*Jawab*
Jika ada pemimpin/pemerintahan yg dholim, tnp kita doakan pun,.mrk sdh didoakan oleh Rasulullah dan setiap perbuatan buruk, akan kembali pada yg melakukan, lambat laun akan hancur dgn sendirinya. 


*Tanya*
Mohon dijelaskan QS An Nur ayat 15-16
*Jawab*
Ayat ini turun berkaitan dgn fitnah yg dituduhkan kod Ummul mukminin, Aisyah r.a.  Orng2 munafik mengatakan bhw Aisyah berselingkuh dgn salah seorng sahabt Rasulullah Shafwab bin Mu'attal, suatu fitnah besar dan keji yg diarahkan kepadanya. Utk membebaskan Aisyah dari fitnah keji itu, Allah Swt menurunkan ayat 11 QS An Nur ini, sehingga Rasulullah SAW dpt menentukan sikap dan mengambil keputusan. 
Bahwa pelaku yg menyebarkan fitmah itu bkn hanya seorng, melainkan sekelompok orng dari golongan beliau sensiri, yaitu orng2 munafik yg dimitori oleh pemuka mrk yaitu Abdullan bin Ubay bin Salul. Sehingga fitnah tsb merasuki pandangan orng2 muslin sehingg mrk mulai terpengaruh dan membicarakannya di sana sini, hingga berlarit2 sampai sebulan lamanya. 

Tdk sepantasnya pembicaraan itu disebarkan kesana kemari. Maha Suci Allah, tidaklah pantas fitnah besar dan keji itu dialamatkan kpd seorng istri dan kekasih  Rasulullah Saw. 

_Seseorng yg mengucapkan perkataan yg mendatangkan murka Allah Swt, maka akan menjadikannya dicampakkan ke dalam neraka sejauh jarak dari langit ke bumi_

*Tanya*
Kalau imam baca Bismillahnya disirkan, apakah ma'mum hrs baca Bismillah?
*Jawab*
Kalau imam bacanya disirkan, maka ma'mumnya hrs baca Bismillah

*Tanya*
Kalo kita jualan barang dikreditkan, misal harga barang 1juta dikredit dengan akad 3 kali bayar jadi 2juta, itu ada zakatnya tidak?
*Jawab*
Zakat yg hrs dibayarkan adalah 2,5% dari modal yg dikeluarkan utk membeli barang yg akan dijual tsb. 


*Tanya*
Kalau punya niat akan mengadakan pengajian dlm rangka Tasyakur bini'mat keluarga. Namun dalam situasi skrg ada anjuran pemerintah spy tdk berkumpul masa. Pertanyaan nya bolehkah anggaran pengajian dialihkan untuk di shodaqohkan kepada orang lain.Saya takut ini termasuk nazar
*Jawab*
Nazar adalah sumpah yg wajib dilaksanakan dan jika tdk dikaksanakan, maka wajib membayar kifarat.
Jika hal ini baru merupakan rencana, tdk ada kifarat yg hrs dibayarkan/ditunaikan.
Tp apabila rencana ini sdh diawali dgn sumpah, maka hrs membayar kifarat. Krn niat Bpk akan mengadakan tasyakur bini'mah, maka dana yg semula utk pengajian, anggarannya bisa utk dishodaqohkan kpd fakir miskin. 

*Tanya*
Bgmn jika seorang istri bila sudah kehilangan rasa cinta pada pasangannya.. Berdosakah??
*Jawab*
 Jangan ditampakkan langsung dihadapan suami perasaan itu,, ingatlah akan semua kebaikan yg sdh suami lakukan pd Ibu, ingatlah kembali masa2 manis dulu bersama suami, cita2 ibu yg dulu utk menghabiskan masa tua bersama suami. 

*Tanya*
Boleh tdk kalau sholat tarawih di rumah, sholat isya imamnya sm anak dan tarawihnya sm adiknya imam?
*Jawab*
Boleh,, dlm rangka pembelajaran pd anak2, hal ini pernah dilakukan oleh Ibnu Abas.


*Tanya*
Krn satu dan lain halnya sholat fardhu dilakukan mepet diakhir waktu, bolehkah melaksanakan sholat qabliyah?
*Tanya*
Rasulullah sdh biasa melaksanakan rawatib, tp tidak menganggap wajib, bagi kita yg tdk terbiasa atau tdk rutin, maka laksanakan saja langsung sholat wajib, krn sdh mepet waktunya

*Tanya*
Apakah termasuk riba jika kita menabung emas dan dolar di bank, krn nilai tabungan emas dan dolar nilainya fluktuatif. 
*Jawab*
Semua tergantung kpd tujuan awal dari menabung tsb, jika tujuannya utk keamanan saja tdk masalah, tp jika tujuannya utk menunggu nilai emas dan  dolarnya tinggi baru dikeluarkan, itu tdk boleh krn termasuk perbuatan tercela.


*Tanya*
Bkn maksud untuk menolak suami tp waktu itu saya merasa sangat lelah. dan saya berdoa agar suami dilelapkan tidurnya  sampai subuh. Apa boleh  sebagai istri saya berdoa sprt itu?
*Jawab*
Boleh saja.
Tapi sebaiknya dikomunikasikan dgn suami, krn suami juga pasti akan mengerti.

*Tanya*
Kalau dari modal 1jt  keuntungannya cuma 15rb sedangkan zakatnya 25rb gimana tetep hrs di keluarkan zakatnya?
*Jawab*
_*Sesuatu yg tdk bisa ditunaikan seluruhnya, jgn ditinggalkan seluruhnya*_

Jika tdk bisa menunaikan zakat tijaroh 2,5% krn keuntungan yg minim,, boleh mengeluarkan zakatnya krng dari 2,5%.


*Tanya*
Contoh saya nabung di bank konvensional 10jt, stlh bbrp lama ada lebihnya, apakah itu halal?
*Jawab*
Halal, tp jgn digunakan utk keperluan pribadi, gunakan utk kepentingan sosial/umum, misal utk pembangunan MCK, jalan dll.
Hal ini sbg sikap kehati2an agar apa yg kita makan dan kita gunakan halal.

*Tanya*
Jika di mesjid atau mushala posisi laki2 dan perempuan sejajar,  pembatasnya di samping,  bolehkah kita ikut berjamaah?  
*Jawab*
Boleh.


*Tanya*
Saya  ingin tahu, hadist ttg  lafal adzan, _shollu fii buyutikum,_ yg menafsirkan maksudnya adalah dzuhur.., alasannya apa?
*Jawab*
Hadist ini adalah ruhsoh/keringanan utk orng yg tdk bs melaksanakan sholat jumat manakala hujan deras. 
Bersumber dari Ibnu Abas,
_berkata kpd muadzin disaat hujan turun deras, setelah mengucapkan Ashadu anna Muhammadarrosulullah jgnlah kamu sambung dgn hayya 'alash sholah tp sambunglah dgn kalimat, "shollu fii buyutikum" lalu orng2 seakan2 tdk setuju pd pernyataan Ibnu Abas tsb,, lalu Ibnu Abas oun berkata, sesungguhnya hal ini pernah dilakukan oleh orng yg lbh baik dariku, yaitu oleh Rasulullah Saw. Sesungguhnya sholat jumat utu kewajiban, dan aku tdk suka mengeluarkan kalian utk sholat jumat berjalan dlm air dan lumpur. 
Jadi jika memenuhi syarat dan ketentuan, sholat jumat dikembalikan ke shokat dhuhur.

*Tanya*
Bismillah,..
 Tentang zakat barang dagangan, kalo dikasihnya sama saudara yg sudah yatim, boleh?
*Jawab*
Bukan masalah yatimnya, tp hrs dilihat dalam At Taubah ayat 60, krn anak yatim tdk termasuk mustahik (penerima zakat)  tp bisa dilihat dari sisi lain, yaitu miskinnya. 
Jika anak yatimnya miskin, boleh menerima zakat


*Tanya*
Apabila istri yg sdh tdk memiliki rasa pd suaminya, tp ttp melaksanakan semua kewajiban, istilahnya _bermuka dua_ atau _beungeut nyanghareup ati mungkir_ apakah tetep dosa?
*Jawab*
Utk apa hidup dlm kepura2an? Lelah jika bermuka dua trs2an. 



*Tanya*
Seorang suami di ceraikan oleh istrinya di Pengadilan Agama..
Sebelumnya ada masalah, tdk ada kesesuaian dengan istri dan sang istri di ingatkan juga susah, dan cekcok wae. karena sang suami tdk tahan, hawatir terjadi sesuatu yg tidak di inginkan.  ahirnya suami ambil keputusan pisah rumah, ngontrak.
 Tahu-tahu sekarang sudah ketuk palu diputus cerai oleh Pengadilan Agama..
setelah ditanyakan ke Pengadilan Agama, Panggilan ada tapi tdk sampai ke suami, karena alamat panggilan nya juga salah. dan sekarang sudah saja suaminya menerima keputussn tsb..
 Pertanyaan nya, kewajiban apa / apa yang harus dilakukan kpd mantan istri..
*Jawab*
Berikan mut'ah yg layak sbg tanda kasih sayang kepada mantan istri.



*Tanya*
Hrs bagaimana menghadapi anak yg sdh dewasa tp masih menjadi tanggungan ortu sepenuhnya?
*Jawab*
Anak adalah amanah dari Allah,, jgn sampai kita merasa dibebani. Lakukan semuanya dgn sabar, krn Allah lah pemilik sejati anak2 kita. Jd kita harus menjaga dgn sebaik2nya anak2 kita dan bertanggungjawab sepenuhnya thd kehidupan anak sebelum mrk bnr2 mandiri.
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ustadz Anshorudin Ramdhani, Kamis, 2 April 2020
Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ustadz Anshorudin Ramdhani, Kamis, 2 April 2020
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_2.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_2.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content