$type=carousel$cols=3

Simpan Sombongmu Baik-Baik

Tidak seperti malaikat yang selalu benar dan iblis yang selalu salah, manusia mempunyai kodrat menjadi makhluk yang kadang benar kadang salah. Kadar keimanannya juga tidak pernah stabil, selalu fluktuatif; pasang-surut, naik turun

Tidak seperti malaikat yang selalu benar dan iblis yang selalu salah, manusia mempunyai kodrat menjadi makhluk yang kadang benar kadang salah. Kadar keimanannya juga tidak pernah stabil, selalu fluktuatif; pasang-surut, naik turun. Biasanya manusia merasa butuh dan rajin ibadah pas mendapat banyak masalah hidup. Giliran senang lupa akan kewajiban, yang pada dasarnya merupakan kebutuhan kita; ibadah.
Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi naik-turunnya keimanan. Dan sombong adalah salah satu faktor yang bisa nurunin kadar keimanan kita. Ngerasa kalo setiap kegagalan hidup itu adalah bagian dari ujian Allah, sementara kalo setiap keberhasilan dan kebahagiaan itu murni datengnya karena usaha dan kerja keras kita. Ini juga udah termasuk kesombongan.
Kenapa kita engga boleh sombong? Sederhana sih, karena sebenernya apa yang mau kita sombongin dari diri kita yang lemah ini? Harta kekayaan? pangkat jabatan? Keluarga? Kecantikan atau kegantengan? semuanya fana, akan ada masa berakhirnya dan semua yang ada pada diri kita sejatinya cuma titipan. Apalah arti memiliki jika bahkan diri kita saja bukan milik kita sendiri?
Dan lagi, sombong adalah salah satu sifat tercela yang di benci Allah. Coba baca dan maknai dalil di bawah ini:
– “Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walau
     hanya sebesar zarah” (HR. Muslim)
– “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya
    kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai
    setinggi gunung” (Q.S. Al-Isra :37)
Allah udah ngasih warning supaya kita jangan sombong hidup di dunia ini. Sehebat apa pun kita, engga ada apa-apanya kalo dibandingin sama Allah. Dan yang paling merugikan ya jelas, orang-orang sombong gaakan bisa masuk surga Allah.
Sejarah juga udah nyatet, banyak makhluk sombong yang binasa akibat kesombongan nya, mulai dari zaman penciptaan Nabi Adam sampe zaman sekarang ini. Di bawah ini bakal sedikit dibahas beberapa kisah kesombongan makhluk. Bukan buat ditiru, tapi buat dijadiin Ibrah atau pelajaran ya guys! J
  1. Iblis, pada awalnya adalah penghuni surga lohh. Sama kaya malaikat, iblis juga makhluk yang taat. Sampe tiba waktu Allah menciptakan Adam dan nyuruh iblis buat sujud kepada Adam. Tapi apa jawaban iblis waktu itu? “Tidak! aku lebih baik dari Adam, Engkau menciptakan aku dari api sedangkan dia dari tanah”. Jawaban yang mencerminkan kesombongan. Dia berani menentang perintah Allah. Lalu lihat lah akibatnya, iblis dikeluarkan dari surga dan jadi ahli neraka.
  1. Ramses II atau yang kita kenal dengan Fir’aun. Karena kedigdayaannya waktu itu, dia ngerasa engga ada yang bisa menandinginya, dan layak disejajarkan sama Tuhan. Dia berkata: Ana rabbukumul ‘alaa”, Aku adalah Tuhanmu yang tinggi!Kita lihat, betapa sombongnya Fir’aun. Allah pun mengadzab Dia pun ditenggelam kan di laut merah dan dipastikan masuk neraka. Allah jadiin jasad Fir’aun itu sebagai tanda bagi manusia akibat kesombongan nya (QS Yunus : 92).  Fir’aun adalah pengingat kita, manusia yang dulu pernah mengaku Tuhan sekarang engga ada apa-apanya. Dimana kesombongan yang pernah dia bilang?
  1. Sekarang kita masuk ke era modern. ada yang pernah denger atau nonton film tragedi karam nya kapal Titanic? Film itu diangkat dari kisah nyata loh. Jadi, Titanic itu adalah kapal super megah. Dan Titanic pun jadi sejarah paling dahsyat dari bidang kemaritiman waktu itu. Saking megah dan canggihnya, kapal ini dikasih julukanThe Unsinkable alias mustahil untuk tenggelam. Betapa sombong nya orang-orang saat itu sampai menjuluki kapal ini mustahil tenggelam. Bahkan sebelum pergi berlayar buat pertamakalinya, kapten kapal juga bilang “Titanic tidak mungkin tenggelam, Tuhan pun tidak sanggup menenggelamkannya.
Padahal ga ada yang mustahil buat Allah. Dia pun memperlihatkan kekuasaan Nya, kapal ini tenggelam setelah menabrak sebuah gunung es. Mana kata the unsinkable itu? Titanic kini hanya menjadi bangkai kesombongan di dasar laut.
  1. Contoh terakhir, adalah John Lennon. Personil dari salah satu band terbaik sepanjang masa “The Beatles”. Dia meninggal karena ditembak sama penggemar fanatiknya. Iya penggemarnya! namanya Mark David Chapman. Dia beranggapan pemikiran John Lennnon sangat berbahaya bagi agama dan negara. Yaps, dalam salah satu kesempatan, waktu interview sama American Magazine, John Lennon pernah bilang “Agama akan berakhir dan hilang. Saya tidak perlu menjelaskannya. Tuhan sih ok, namun pengajarannya terlalu sederhana. Hari ini kami jauh lebih tenar dari-Nya.
Sebenernya masih banyak contoh lain makhluk yang sombong yang mau kita share, tapi kayaknya empat kisah diatas juga udah cukup sebagai pengingat buat kita semua. Dan terlepas dari kebenaran 2 kisah terakhir; tenggelamnya kapal Titanic sama penyebab ditembaknya John Lennon, bisa kita ambil kesimpulan betapa sia-sia nya kesombongan. Inget sob, kesombongan engga akan pernah punya akhir cerita yang menyenangkan. Kalaupun emang balesan nya engga di segerakan di dunia, di akhirat nanti pasti bakal tetep diterima kok. Mudah-mudahan kita bisa ngambil pelajaran yaaa sobat muslim semuanya….So, simpan sombongmu baik-baik :)
By Azmi Fathul Umam

KOMENTAR

Kirimi saya artikel Pajagalan! Untuk langganan artikel keislaman Pajagalan.com via Feed Klik Disini, atau jika Anda ingin dikirim email tentang berita dan update artikel Pajagalan.com silakan masukkan email Anda dibawah dan ikuti petunjuk selanjutnya.
Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,8,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,2,artikel fiqh,2,artikel Islam,23,Artikel Kiriman,46,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,9,Berita,31,Berita Persatuan Islam,1,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,9,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,10,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,3,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,8,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,29,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,22,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,38,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,pentingnya sholat dhuha,2,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,7,The Epic Series Omar,27,Tsaqofah,2,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,
ltr
item
Pajagalan.com | Buletin Masjid Pajagalan: Simpan Sombongmu Baik-Baik
Simpan Sombongmu Baik-Baik
Tidak seperti malaikat yang selalu benar dan iblis yang selalu salah, manusia mempunyai kodrat menjadi makhluk yang kadang benar kadang salah. Kadar keimanannya juga tidak pernah stabil, selalu fluktuatif; pasang-surut, naik turun
http://3.bp.blogspot.com/-QmymOb0Vn0s/VlZwD4ZuCzI/AAAAAAAAO0w/Heyxs7MJKUU/s400/SIMPAN%2BSOMBONGMU%2BBAIK-BAIK.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-QmymOb0Vn0s/VlZwD4ZuCzI/AAAAAAAAO0w/Heyxs7MJKUU/s72-c/SIMPAN%2BSOMBONGMU%2BBAIK-BAIK.jpg
Pajagalan.com | Buletin Masjid Pajagalan
https://www.pajagalan.com/2015/11/simpan-sombongmu-baik-baik.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2015/11/simpan-sombongmu-baik-baik.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selanjutnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home Halaman Artikel Lihat Semuanya REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang Anda cari Kembali Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy