Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 7 April 2020

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 7 April 2020 *Tanya* Mohon di terangkan ada istilah...

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 7 April 2020



*Tanya*
Mohon di terangkan ada istilah "shohihun fii sanad shohihun fii matan , shohihun fii sanad dhoifun fii matan....?
*Jawab*
*Shohih fii sanad shohih fii matan* dlm musholahul hadits secara mata rantai orng yg menerima dan menyampaikan sanad itu nyambung, dari murid ke guru trs sampai ke Nabi.
Isi hadits ini tdk bertentangan dgn Qur'an dan dgn hadits yg lbh kuat

*Shahih fii sanad dhaif fii matan* secara mata rantai orng yg menerima dan menyampaikan hadits benar tp isinya bertentangan dgn Qur'an. Tp mustahil Nabi menyampaikan sesuatu yg bertentangan dgn Qur'an, pst ada yg salah dlm memahami hadits tsb. Karenanya dlm kalangan ahli hadits tdk ada istilah shahih fii sanad dhaif fii matan. 
Ilmu hadits adlh ilmu yg paling kompleks juga sulit penelitian dan kajiannya, sehingga diperlukan keahlian yg scr khusus. 


*Tanya*
Apakah maksud hadits "Siapa yang melihatku dalam tidur (mimpi) maka sungguh ia telah melihatku pada waktu bangunnya, karena syetan tidak bisa menyerupai rupaku." (HR Ibnu Majah, dari Abdullah bin Mas'ud ra)
*Jawab*
Hadits ini, yg menunjukkan kita bisa berjumpa dgn Nabi dlm mimpi, namun bkn mrpkn suatu keistimewaan yg luar biasa apalagi menganggap dirinya hebat ketika sdh bermimpi melihat Nabi, lalu memgaku2 Nabi sdh mengajarkan ini itu.

Keistimewaan yg luar biasa adalah jika sdh bisa mengamalkan ajaran2 Nabi dlm segala sendi kehidupannya sehari2.


*Tanya*
Banyak pembahasan mengenai isbal, intinya menjd 2 pendpt, pengharaman scr lahir dan pengharaman scr tersirat. Yg blm.saya dptkan, apakah celana cingkrang juga  bermasalah dgn berbagai hadits shahih perintahnya. Apakah Nabi bercelana cingkrang?
*Jawab*
Jika.kita berbicara soal isbal tdk akan pernah selesai, krn metodologi yg digunakan tiap orng berbeda. Mrk yg memepertahankan isbal hukumnya haram menggunakan hadits yg mutlak, tdk mau menerima hadits yg muqoyyad, sementara kita yg menganggap isbal itu tdk haram, menggunakan hadits yg muqoyyad. 

_Hukum itu baru ada krn adanya ilat, adanya illat krn adanya hukum. Tdk adanya illat berarti tdk adanya hukum_

Yg menjadi hukum pengharaman isbal adalah krn huyala, dan istilah huyala bkn ijtihad para ulama, tp keterangan yg dijelaskan oleh Nabi Salallahu 'Alayhi Wassalam. 


*Tanya*
Adakah dalil kalau sudah shalat fardu membaca Al Fatihah dgn suarana keras?
*Jawab*
Tdk ada dalilnya sama sekali. 



 *Tanya*
Mau bertanya ttng kredit emas. Misalna dari 1 juta menjadi  1,5jt yg dicicil 6 kali.
*Jawab*
Kalau murni jual beli emas scr kredit tdk masalah, asal dari awal sdh ada kesepakatan baik harga maupun lamanya cicilan antara penjual dan pembeli.

Yg jd masalah jika ini dijadikan modus pinjam uang tp berbentuk emas, hanya utk menyamarkan bisnis riba saja. 

*Tanya*
Bgmn bentuk kuburan yg sesuai dgn syariat Islam, apakah boleh disekelilingnya ditembok?
*Jawab*
Kuburan yg benar adalah rata dan  tdk ditembok hanya diberi batu atau tanaman sbg tanda.

_Rasulullah melarang kuburan diberi tambahan, disemen termasuk di dalamnya diberi nama_

Pelopor pertama yg menembok/membangun kuburan adalah orng2 Syiah


*Tanya*
Bgmn sikap kita ttng himabaun pelaksanaan qiyamul ramadhan dan sholat Ied di rumah. Apa yg hrs kita lakukan?
*Jawab*
Sholat Ied adalah hukumnya sunnah, tdk terikat dan tdk wajib. Rasulullah mencontohkannya di lapangan, sekarang jika tdk mngkn dilakukan di lapangan krn ada kekhawatiran menyebarnya virus cobid-19, bisa dikakukan di halaman rmh msng2. Begitu juga taraweh bisa dikakukan berjamaah di rmh masing2.


*Tanya*
Bgmn jika seorng istri yg tdk tahu tatacara sholat dgn benar, kita beri buku tp dia krng paham, trs saat suaminya kerja dia diam2 ikut bersama kita ke kajian dan banyak bertanya yg kdng orng menganggap itu pertanyaan yg tdk perlu. Lalu bgmn dgn suaminya yg tdk mengijinkannya?
*Jawab*
Berdosa krn tdk mendidik, tdk mengajarkan dan tdk memfasilitasi istri utk belajar agama. Krn kewajiban suamilah mengajarkan agama kpd istri dan anak2nya. Kecuali jika sdh diajarkan tp istrinya bandel, sdh bkn tanggungjwb suaminya lagi,  dan di akherat akan jd musuh. 

*Tanya*
Ada orng menitipkan uang utk membeli barang yg dibutuhkan,  tp uang tsb oleh yg dititipi malah dipinjamkan pd orng lain. Apakah ini termasuk dholim?
*Jawab*
Termasuk dholim, krn dia berkhianat saat diamanati


*Tanya*
Mohon  dijelaskn tafsir Q.S Al Maidah:ayat 14
*Jawab*
Dlm tafsir Ibnu Katsir,, dlm ayat ini ada orng yg mengaku2 sbg pengikut Nabi Isa pdhl bukan. Mrk seolah2 melakukan perjanjian dgn ahli2 kitab yg lain, seakan2 membantu perjuangan Rasul, beriman kpd semua Nabi hingga Nabi Muhammad,  namun mrk melupakan sebagian isi Taurat dan isi Injil, sehingga mrk saling bermusuhan dan saling membenci..


*Tanya*
Berarti jika ibu2 spt saya yg hrs membeli kebutuhan dan hrs ke pasar tetap dilaksanakan dgn pengaman diri spt masker. Niat ibadah untuk rumah tangga.
*Jawab*
Betul. Hrs punya totalitas dlm keyakinan dan tawakal dgn tetap menjaga semua protokuler yg dianjurkan. 


*Tanya*
Bila dlm pelaksanaan sholat jumat khutbahnya hanya sekali, tdk ada khubtah kedua, bgmn hukumnya?
*Jawab*
Sholat jumatnya sah hanya tdk sempurna.



*Tanya*
Apakah batasan haid itu 7 hari, jika haidnya biasa10 hari bagaimana, apakah tetap mengambil batasan yg 7 hari?
*Jawab*
Lamanya haid utk setiap perempuan berbeda2, ada yg 4 hari, 5 hari, 6 hari bahkan sampai 10 hari tergantung pd hormon, siklus haid dan  kebiasaan masing2.
Jd batasan haid itu diambil dari kebiasaan brp lamanya seseorng haid setiap bulannya. 


*Tanya*
Boleh tidak sholat witir menjelang sholat subuh?
*Jawab*
Boleh, karena batasan sholat witir itu sebelum adzan subuh berkumandang


*Tanya*
Bgmn hukum asuransi pendidikan?
*Jawab*
Lbh baik menabung saja, lbh maslahat, krn banyak spekulasinya.


*Tanya*
Istri saya jualan online kcl2an, apakah wajib zakat
*Jawab*
_Harta tdk akan berkurang krn disedekahkan_

Sekecil apapun usaha jual beli tetap wajib byr zakat. Jika tdk sanggup melaksanakan seluruhnya jgn ditinggalkan seluruhnya.


*Tanya*
Bgmn hukumnya membaca sholawat kpd Nabi setelah dua kalimah syahadat pd wkt khutbah jumat?
*Jawab*
Diperbolehkan tp bkn mrpkn bagian dari rukun khutbah jumat.  Seorng mubaligh, khatib akan banyak bersholawat krn dlm khutbahnya membacakan hadits2 Nabi. 


*Tanya*
Bgmn sikap seorng istri yg sering diselingkuhi suaminya?
*Tanya*
Sebaiknya gugat cerai saja krn istri tdk tau dgn perempuan sprt apa suaminya itu berselingkuh, jgn sampai malah menularkan penyakit ke istrinya.



*Tanya*
Kalau zakat usaha bokeh diberikan od kekuarga sendiri yg membutuhkan?
*Jawab*
Boleh, jika memang klrg tsb termasuk mustahik. Tp alangkah akan lbh baik lagi jika memberi  pd klrg yg krng mampo bkn dari sektor zakat. 



*Tanya*
Al Qur'an dan hadits dikait2kan dgn virus corona, apakah benar?
*Jawab*
Hanya dikait2kan saja  tp tdk benar
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 7 April 2020
Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 7 April 2020
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_8.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_8.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content