Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Ari Noviana dan Ust Latief Awaludin, Jum'at, 24 April 2020

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Ari Noviana dan Ust Latief Awaludin, Jum'at, 24 April 2020 *Tanya* Apakah do...

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Ari Noviana dan Ust Latief Awaludin, Jum'at, 24 April 2020



*Tanya*
Apakah dosa kalau kita dpt titipan zakat harta dlm.bbrp amplop yg isinya lmyn besar. Begitu tau isisnya, trs kita pecah/dibagi2 utk bbrp orng, pdhl dari yg ngasih, itu jatah utk 10 orng, tp dibagi menjd jatah utk 20 orng. Misalnya total dari 10 amplop itu 1jt, kmdn kita bagi menjd 20 amplop dgn nominal uang 50rb/amplopnya. 
Krn situasi begini bnyk jg yg membutuhkannya.
*Jawab*
Menyalurkan zakat maliyah sunahnya oleh lembaga/ AMIL,
Namun jika seseorng ketika akan melakukan suatu pekerjaan  atau tindakan memerlukan jasa orng lain,, maka boleh muzaki menitipkan zakatnya  pd wakilnya yg dipercaya utk disampaikan pd para mustahik. 
Posisi sbg wakil hrs amanah, pd dasarnya jika muzaki menitipkan 1jt utk 10 orng, maka hrs utk 10 orng tsb. Apalagi jika amanahnya muqoyyad/ditentukan sprt itu. 

Tp jika posisinya sbg AMiL, AMIL lah yg bisa menentukan kpd siapa zakat tsb diberikan dan  muzaki tdk bisa mengintervensi keputusan lembaga AMIL  kpd siapa zakat tsb diberikan. 



*Tanya*
Kalau di bulan Ramadhan sholat malam disebutnya sholat tarawih yg pelaksanaannya bisa langsung stlh sholat isya.. Kalau dihari2 biasa bolehkah sholat tahajud tnp diselang tidur lbh dahulu?
*Jawab*
Melaksanakan sholat malam  lbh utama di 1/3 malam, tp hal ini tdk muqoyyad. Jika dikhawatirkan tdk bisa bangun di 1/3 malam, boleh sholat tahajud sebelum tidur.


*Tanya*
Semalam di daerah kami melaksanakan sholat tarawih berjamaah, tp ada jaraknya pd setiap shafnya, itu bgmn ?
*Jawab*
Mrk adalah yg melakukan ijtihad di masa wabah ini, krn menularnya virus adalah dgn berdekatan, sehingga utk mencegah penularan, mrk tetap melaksanakan sholat jamaah tp dgn menjaga jarak.

Sdngkn merapatkan shaf adalah wajib hukumnya dlm sholat berjamaah dan tdk ada dlm sejarahnya pernah dilakukan sholat berjamaah dgn shaf direganggkan. 

Sebaiknya sholat di rmh saja drpd merusak syariat dan kualitas ibadah


*Tanya*
Saat sholat tarawih berjamaah, krn imam merasa sdng sholat isya,  langsung duduk tahiyatul awal, kita ikut duduk sesaat. Kmdn imam sadar dan trs berdiri dan kita ikut, kmdn meneruskan sholat tarawih. Apakah sebaiknya  saya selesaikan salam dulu nanti sholat dua rakaat lagi dan setelah itu bisa 4 rakaat lagi baru witir, atau bagaimana?
*Jawab*
Jika imam lupa hrs dikasih tahu oleh ma'mum,, jika ada kesalahan bisa disempurnakan dgn sujud sahwi. 


*Tanya*
Sholat berjamaah di masjid lbh utama utk laki2,, bgmn jika di masjid itu  kita diimami oleh orng yg suka melaksanakan bid'ah, apakah kita berdosa apabila kita memilih sholat di rmh saja?
*Jawab*
Penilaian bid'ah hrs disepakati, jika imam suka melakukan bid'ah, maka hrs disepakati bid'ahnya itu.

Jika ada perbedaan fiqh dgn imam, kita tdk apa2 sholat berma'mum pd ahli bid'ah, sbgmn kata Imam Bukhari, _jika kita sholat di belakang ahli bid'ah, maka bid'ah itu milik si imam_ 

Jika tdk ada solusi lain atau tdk ada lagi masjid terdekat dari rmh, tdk mengapa sholat berjamaah disana,, hanya jgn mengikuti gerakan atau doa yg tdk sesuai dgn contoh Rasulullah. Jika kita tdk berjamaah di suatu masjid krn krng menyukai imamnya scr personal, itu diperbolehkan, sebagaimana riwayat, ada seorng jamaah yg meninggalkan sholat berjamaah krn bacaan imamnya panjang, bahkan Rasulullah menegur sahabat tsb utk tdk membaca surat yg terlalu panjang.


*Tanya*
Dlm sholat berjamaah krn corona diberi jarak, tp saya malah merapatkan diri ke jamaah yg lain, bgmn ?
*Jawab*
Berjamaah itu tdk bisa maaing2 sprt itu. Ketika di masjid itu mempraktekkan jaga jarak, ikuti saja jaga jarak itu. Jika disana dirasa aman dan imam menyuruh rapat, ya rapat saja. 

Maka drpd ada perbedaan dan merusak syariat,  lbh baik sholat berjamaah di rmh saja.


*Tanya*
Apakah shalat witir bisa 3  rakaat jika masih ada waktu sedikit sebelum adzan berkumandang?
*Jawab*
Witir itu ganjil. 
Dlm hadis minimal 1 rakaat dan 3 rakaat. Krn formasi tahajud ada yg 4-4-3, ada 2-2-2-2-3, 2-2-2-2-2-1,. Karenanya jika waktunya mepet dan khawatir keburu adzan subuh, tdk mengapa witir 1 rakaat. 


*Tanya*
Kalau kita taraweh d rmh sm istri dan anak, bres sholat  taraweh boleh gak salam2an ?
*Jawab*
Salaman setelah sholat berjamaah dilihat scr dalil tdk ada, krn sunahna adalah wiridan. Tp jika setelah wiridan baru salaman. Dan salaman setelah wiridan sholat jgn dijadikan atau dianggap sbg sbh syariat yg wajib



*Tanya*
Kalau bangun menjelang pukul 2 atau pukul 3, krn sholat taraweh sdh dilakukan, stlh isya,, kmdn selain membaca Qur'an, amalan aoalagi yg bisa dilakukan. Seandainya ada dzikir, sebaiknya dzikir apa?
*Jawab* 
Dzikir yg paling agung adalah membaca Al Qur'an, bisa menambah hafalan Al Qur'an.  Boleh dzikir yg sifatnya mutlak sprt, _Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallaah, Allahu Akbar_ , bisa membaca dan memahami terjemahan Al Qur'an, mendengarkan kajian, membaca buku2 keagamaan dll


*Tanya*
Ada yg berpendapat rapatkan waktu berjamaah itu bagaimana, ada yg berpendapat mata kaki dgn mata kaki hrs nempel
*Jawab*
Ada sebagian ulama yg memberikan tafsiran, bhw rapat itu antara tumit dgn tumit hrs nempel. Tp ada juga yg memberikan tafairan, intinya shaf itu rapi dan tdk ada celah. Krn jika tumit dan tumit nempel, akan mengganggu kekhusyuan, apalagi pd saat akan sujud.


*Tanya*
Bismillaah..
Kita berniat shaum romadhon satu bulan penuh.. Apa perlu kita berniat lagi per harinya pd saat sblum sahur? 
*Jawab*
Niat itu adalah gerakan qalbu yg diirimgi dgn perbuatan nyata. 
Maka ketika memasuki ramadhan, seseorng hrs menetapkan hatinya saat sahur. 

Cukup seseorng dlm hatinya diniatkan akan shaum sebulan penuh saat sahur pertama. 

Ada juga ulama yg merinci hrs setiap sahur menetapkan niat. 

Intinya,, malamnya sdh menunggu2 penetapan 1 Ramadhan, melaksanakan taraweh dan melaksanakan sahur, itu sdh merupakan niat.


*Tanya*
Pd wkt sahur lbh utama beristighfar sesuai dgn  QS 51 ayat 18
*Jawab*
Benar,, _orang2 beriman itu selalu beristigjfar pd waktu sahur_
Baca doa2 sayyidul istighfar juga scr rutin ketika sahur.


*Tanya*
Mohon dijelaskan lagi mengenai sholat witir, apakah sama dgn sholat tahaju dan qiyamullail, dan sholat tarawih di bulan Ramadhan?
*Jawab*
Sholat witir itu sholat sunnah penutup malam dan jumlahnya ganjil. Witir itu ada di tahajud di hari2 biasa dan di taraweh pd bln Ramadhan.

Sholat tahajud elaksanaannya diluar ramadhan, dimulai ba'da isya hingga menjelang subuh tp sunahnya tidur dulu dan dilaksanakan di 1/3 malam dan ditutup dgn witir.
Witir boleh 1, 3, 5,7,9 rakaat.

Sdngkan taraweh dilaksanakan boleh dari ba'da isya hingga menjelang subuh tnp ada  keutamaan tidur dulu dan ditutup dgn witir.


*Tanya*
Kalau jumatan khutbahnya menggunakan bhs Arab boleh tidak?
*Jawab*
Khutbah itu disesuaikan dgn kapasitas akal mustami, dgn bahasa yg bisa dipahami kaumnya.


*Tanya*
Pd saat pelaksanaan sholat taraweh kdng ngantuk, tp saya paksakan dan tak sadar saya mengucapkan iatighfar dgn suara keras. Apakah saya hrs mengulangi sholat saya?
*Jawab*
Sholat memerlukan konsentrasi dan kekhusyuan, jd jika ngantuk jgn dipaksakan. Krn waktu pelaksanaan sholat tarawih panjang, bisa diselang tidur dulu, setelah kantuknya hilang bisa dilanjutkan kembali.

*Tanya*
Saya berjualan, saat belanja saya dpt hadiah. Kalau  hadiah itu saya jual lagi, apakah dikeluarkan lagi zakatnya tdk, bgmn cara menghitungnya krn itu hadiah
*Jawab*
Jika kita membeli sbh produk dan mendapat hadiah, hukumnya halal dan tdk ada zakat utk hadiah. 

Setiap barang yg akan didagangkan hrs dizakati, tp jika batang yg dijual adalah hadiah krn tdk membutuhkan hadiah tsb lalu dijual, maka tdk ada zakatnya.



Closing statement
Mdh2an kita semua dpt mengisi bulan ramadhan ini baik dgn yg wajib maupun yg sunahnya dan menjadi pribadi2 yg lbh baik lagi. 

Meski ditengah krisis, kita hrs tetap optimis dan kita semua hrs ikut berperan serta memutus mata rantai penularan virus ini dgn tetap tinggal di rumah dgn mengikuti semua arahan. 

Tetap produktif dan meningkatkan amal ibadah kita, lbh mendekatkan diri pd Allah, semoga Allah akan mengabulkan doa2 kita, mengangkat virus ini dari seluruh dunia.
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Ari Noviana dan Ust Latief Awaludin, Jum'at, 24 April 2020
Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Ari Noviana dan Ust Latief Awaludin, Jum'at, 24 April 2020
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_25.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_25.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content