Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 14 April 2020

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 14 April 2020 *Tanya* Orng yg sdh meninggal lalu di...

Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 14 April 2020


*Tanya*
Orng yg sdh meninggal lalu dibongkar kuburannya, ternyata masih utuh. Apa yg sebenarnya terjd?
*Jawab*
Ketika mayat dikuburkan ke dalam tanah, akan mengalami suatu proses, yaitu pembusukan dmn makhluk2 mikroba akan mengurai jasad yg telah mati itu. Proses pembusukan ini disebut juga dekomposisi atau degradasi, dmn proses ini disebabkan oleh autolis dan aktifitas mikro organisme maksimal dlm 5 hari sdh mulai membusuk yg diikuti oleh proses yg lain yaitu perut menggelembung, scrotum membesar dll. 
Mikroba ini akan membusukkan mayat hingga hancur, namun ada perintah thd mikroba ini tdk berlaku thd jasad Nabi, syuhada dan orng2 yg hafidz Qur'an. 

Dlm hadist Ibnu Majah, "Rasulullah SAW bersabda, bhw yg paling utama dari hari2 kakian adalah hari jum'at, pd hari itu Adam diciptakan, sangkakala ditiup, manusia sadar dari pingsannya, maka perbanyaklah bersholawat kpdku pd hari itu. Sebab bersholawat diperintahkan kepadaku. Seorng laki2 bertanya, " bagaimana caranya sholawat kepadamu pdhl kami telah meninggal". Maka Beliau bersabda, "sesungguhnya Allah telah mengharamkan bumi utk memakan jasad para nabi".

Jika ada jasad yg masih utuh setelah sekian lama dikubur, bisa diteliti unsur tanahnya. 


*Tanya*
Bagaimana cara mendptkan syafaat Nabi?
*Jawab*
Hrs menambah amal shaleh, ketakwaan dan keimanan kpd Allah SWT, salah satunya shodaqoh dpt menyelamatkan kita dari bencana.
Apalagi dlm situasi skrng, kita hrs lbh giat dlm mencari ilmu, giat dlm ketaatan dan giat dlm bershodaqoh khusus.

*Tanya*
Mohon penjelasan terkait dgn keluarga yg sakinah, mawaddah, rahmah.
*Jawab*
Sakinah adalah ketenangan yg mrpkn tujuan pd pernikahan, dgn modal mawaddah dan rahmah. 
Mawaddah, unsur dunia sprt fisik, harta. 
Rahmah, agama yg dpt menyelamatkan biduk rmh tangga.
Utk membangun rmh tangga dimulai dr suami yg lbh dekat kpd Allah yg akan diikuti oleh istri dan anak2.


*Tanya*
Jika ada yg meninggal dgn senyuman dan wajah berseri tp blm sempat mengucapkan _Laa ilaaha illallaahu_ apakah dia termasuk calon ahli syurga atau yg akan diberi syafaat krn dlm hidupnya bnyk beramal. Jika kita bnyk melakukan amalan2 yg akan mendptkan syafaat, apa saja yg akan menggugurkan amalan tsb?
*Jawab*
Ukuran dia mendptkan ampunan bkn dilihat dari dia meninggal dlm keadaan tersenyum. 
Sabda Nabi, *semua umatku akan masuk syurga, kecuali yg tdk mau*  Semua yg taat kpdku pst masuk syurga dan siapa yg tdk taat kpdku maka dia termasuk yg menolak masuk syurga. 
Jika kita ingin mendptkan syafaat dari Rasulullah adalah tdk syirik, baik syirik kecil maupun besar.


*Tanya*
Kalau sdh sholat berjamaah di masjid lalu pulang ke rmh dan menjd imam sholat di rmh krn yg di rmh baru mau pd sholat, bgmn hukumnya?
*Jawab*
مسند أحمد
رقم: 16832
كتاب:  مسند الشاميين
باب:  حديث يزيد بن الأسود العامري ممن نزل الشام رضي الله

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ
صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الصُّبْحِ بِمِنًى وَهُوَ غُلَامٌ شَابٌّ فَلَمَّا صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا هُوَ بِرَجُلَيْنِ لَمْ يُصَلِّيَا فَدَعَا بِهِمَا فَجِيءَ بِهِمَا تَرْعَدُ فَرَائِصُهُمَا فَقَالَ لَهُمَا مَا مَنَعَكُمَا أَنْ تُصَلِّيَا مَعَنَا قَالَا قَدْ صَلَّيْنَا فِي رِحَالِنَا قَالَ فَلَا تَفْعَلَا إِذَا صَلَّيْتُمْ فِي رِحَالِكُمْ ثُمَّ أَدْرَكْتُمْ الْإِمَامَ لَمْ يُصَلِّ فَصَلِّيَا مَعَهُ فَهِيَ لَكُمْ نَافِلَةٌ

--------

Musnad Ahmad
No: 16832
Kitab: Musnad penduduk Syam
Bab: Hadits Yazid bin Al Aswad Al 'Amiri dari orang yang pernah tinggal di Syam

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Ja'far] Telah menceritakan kepada kami [Syu'bah] dari [Ya'la bin Atha] dari [Jabir bin Yazid Al Aswad] dari [Bapaknya], bahwa ia pernah shalat Subuh bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Mina, dan saat itu ia seorang anak yang masih remaja. Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai melaksanakan shalat, tiba-tiba beliau melihat dua orang laki-laki yang belum menunaikan shalat, maka beliau pun memanggil keduanya. Kemudian kedua laki-laki tersebut dibawa ke hadapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam keadaan gemetar. Beliau lalu bertanya: "Apa yang menghalangi kalian berdua untuk melaksanakan shalat bersama kami?" kedua laki-laki itu menjawab, "Kami telah melaksanakan shalat di tempat tinggal kami." Beliau bersabda: "Janganlah kalian berbuat seperti itu. Jika kalian telah shalat saat di rumah lalu kalian mendapati Imam sedang shalat berjama'ah, maka hendaklah kalian shalat bersamanya, karena shalat itu akan menjadi pahala nafilah kalian."

*Tanya*
Mengutip sabda Rasulullah dari Ibnu Abas, berkata, "jadilah kamu semua dari golongan rabbani penuh kesabaran dan pandai ilmu fiqh." Siapakah saja yg termasuk golongan rabbani itu? Dan apakah jika kita punya ilmu walaupun sedikit dan diajarkan dan diamalkan pd keluarga, apakah termasuk pd gol tsb?
*Jawab*
Rabbani adalah segala sesuatu yg menyadarkan diri kita bhw kita diatur oleh Allah SWT. Ilmu adalah pemberian dari  Allah, kalau tdk diberi oleh Allah, maka kita tdk akan mendptkan ilmu. 
Orng yg telah diberikan ilmu oleh Allah hendaklah menjd sadar, bhw itu adalah pemberian dari Allah dan hrs diamalkan oleh pribadinya dan diajarkan pd orng lain. Begitu pula harta yg diberikan oleh Allah, selain hrs dijaga, juga hrs diamalkan dan memberi manfaat pd orng lain.

*Tanya*
Dl QS Al Baqarah ayat 217, ada kalimat, _wal fitnatu akbaru minal qotli_
Apa arti fitnah disitu?
*Jawab*
Fitnah adalah gangguan dlm urusan dunia dan urusan agama. 
Sulit mencari kerja, diPHP oleh orng, penyiksaan, kedholiman dll


*Tanya*
Bagaimana cara mencapai kekhusyuan dlm setiap sholat?
*Jawab*
Dimulai dr cara wudhu yg benar, pakaian dan tempat, disiplin waktunya, mengerti  isi dan bacaannya, kemudian  hadirkan bhw ketika sholat Allah melihat dan mendengar. 
Amalkan rukun2 sholat diluar sholat


*Tanya*
Saya msh ragu dgn sholat berjamaah di masjid yg sjafnya direnggangkan. Apakah sebaiknya saya sholat di masjid tp mumfarid atau sholat di rumah?
*Jawab*
Sebaiknya sholat berjamaah di rmh dgn istri dan anak2


*Tanya*
Apakah berdoa setelah sholat hrs mengangkat tangan?
*Jawab*
Mengangkat tangan dlm berdoa termasuk urusan ibadah, sehingga kita tdk boleh sembarangan dlm mengangkat tangan.
Mengangkat tangan ketika sholat adalah saat mengangkat telunjuk/memggerakkan telunjuk saat tasyahud. Selesai sholat dilanjutkan dgn dzikir dan doa tp tdk mengangkat tangan.


*Tanya*
Sholat mutlak sebelum maghrib boleh tdk setiap sebelum magjrib kita lakukan?
*Jawab*
Boleh,, tp jgn pny anggapan itu adalah rawatib. 


*Tanya*
Di rmh ada bbrp orng laki2, apakah hari jum'at, sholatnya jumat di rmh atau kembali ke dhuhur?
*Jawab*
Sholat jum'at berjamaah di rmh boleh. 


*Tanya*
Jika seorng istri yg keliatannya orng sholeh dan suaminya juga suka menolong tp suaminya jika diajak ke pengajian susah. Apakah mrk kalau masuk syurga akan bisa bersama lagi atau tdk, katanya amalan pasangan nanti bisa menolongnya, tp kan nanti tergantung amalan masing2. 
*Jawab*
Pasangan suami istri jika berbeda akidah, berbeda visi dan misi di dunia akan berpisah di akhirat, bahkan akan jadi musuh.


*Tanya*
Kalau sholat sunnat ba'da jum'at termasuk rawatib bukan?
*Jawab*
Termasuk rawatib krn berkaitan dgn sholat wajib, tp tdk ada qobla jum'at.


*Tanya*
Bgmn pendptnya.mengenai LDII, krm adik perempuan saya sdh menikah hampir 10 thn dgn mubaligh LDII, bgmn saya hrs menyikapinya. Ortu dulu juga LDII tp alhamdulillah sdh keluar, ada penyesalan juga. Apakah berdosa telah menikahkan putrinya.
*Jawab*
Aliran *LDII* membuat ajaran namanya _manqul_ , kmdn dijadikan landasan utk menentukan sah tdknya keislaman seseorng. Yg ikut _manqul_ buatan mrk itu maka Islamnya dianggap sah, sedang yg tdk ikut _manqul_ maka Islamnya dianggap tdk sah.

_Manqul_ menurut mrk yaitu, Al Qur'an maupun hadits hars berusnad/bersambung dari guru sekarang sampai kod Rasulullah. Jd hadits yg dinyatakan shahih (benar/sah)  oleh Imam Al Bukhari dll, blm ckp menurut mrk, msh hrs ditambah dgn rawi (periwayat) atau isnad (pertalian riwayat) dari guru mrk skrng sampai kpd imam2 hadits tsb. Itu mnrt teori mrk.

Dlm makalah pelajaran kelimpok LDII yg berjudul *Polnya Ilmu Manqul* dijelaskan, _"jadi manqul musnad muttashil artinya mengaji Al Qur'an dan hadits scr langsung seseorng atau bbrp orng murid yg menerima dari seorng atau bbrp orng guru dan gurunya tsb asalnya menerima langsung dari gurunya dan gurunya menerima dari gurunya lagi, sambung menyambung begutu seterusnya tnp terputus sampai kpd penghimpun hadits slrt Al Bukhari, Muslim, An-Nasa'i, At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dll yg tlh menulis isnad2 mrk mulai dari beliau2 (penghimpun hadits) sampai kpd Rasulullah SAW. 

Pokok2 ajaran IslamJamaah/Lemkari/LDII
1. Ajaran _manqul_ yg diciptakan Nur Hasan Ubaidah itu tdk ada dasarnya dan hanya menyelipkan terjemah dari hadits, lafal bighairi 'ilmin yg artinya tnp ilmu, lalu diberi tambahan dlm kurung kata2 _tanpa manqul_ Demikian pula lafal hadits _bira'yihi_ yg artinya _dengan pendapatnya_ lalu ditambahi dalam.kurung kata2 _tanpa manqul_
2. Orng Islam.diluar kelompok mrk adlh kafir dan najis, termasuk kedua ortu sekalipun
3. Kalau orng diluar kelimpik mrk yg melakukan shalat di masjid mrk, maka bekas tempat shalatnya dicuci krn dianggap sdh terkena najis
4. Wajib taat kod amir/imam
5. Mati dlm keadaan blm bai'at kpd Amir/Imam LDII, maka akan mati jahiliyah/kafir
6. Haram mengaji Al Qur'an dan Jadits kecuali kod imam/amir mrk
7. Dosa bisa ditebus kpd imam/amir dan besarnya tebusan tergantung besar kecilnya dosa yg diperbuat dan yg menentukanya adalah amir/imam
8. Al Qur'an dan hadits yg bokeh diterima adlh yg manqul (yg keluar dari mukut imam/amir mrk) Yg diucapkan oleh selain imam/amir mrk, maka haram utk diikuti.
9. Hrs rajin membayar infaq, sedekah dan zakat kpd imam/amir, yg besarnya zakat ditentukan okeh imam/amir bkn berdasarkan Al Qur'an dan haram mengeluarkan zakat, infaq, shodaqoh kpd orng lain.
10. Haram menikah dgn yg diluat kelonpok LDII
______________
Mari kita berinvestasi akhirat
dengan program wakaf untuk
pembangunan dan sarana pendidikan
Salurkan Dana Dakwah Anda ke:
REK BRI 0886.01.032045.53.7 an Yayasan Dialog Islam

COMMENTS

Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,1,artikel fiqh,1,artikel Islam,22,Artikel Kiriman,58,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,10,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,12,Dialog Islam Garuda,48,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,11,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,40,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,29,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,39,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,1,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Quran Digital,1,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,Sholat,1,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah,3,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,8,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,3,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,Virus Corona,1,YDIG,12,
ltr
item
Pajagalan.com: Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 14 April 2020
Rangkuman tanya jawab kajian Dialog Islam subuh bersama Ust Anshorudin Ramdhani, Selasa, 14 April 2020
Pajagalan.com
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_15.html
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/
https://www.pajagalan.com/2020/04/rangkuman-tanya-jawab-kajian-dialog_15.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content