Wa'bud Rabbaka Hatta Ya'tiyakal Yaqien

Khutbah ‘Iedul Fitri 1438 H / 2017 M Halaman Masjid Pajagalan


‘Aidien ‘Aidaat yang berbahagia
Allahu Akbar Allahu Akbar Walillaahilhamd

Dengan hidayah dan inayah Allah Swt, rahmat serta nikmat dari yang punya nikmat, hari ini kita dapat bertemu dan berkumpul memenuhi panggilan ilahi untuk mengikuti sunah Nabi melaksanakan shalat Iedul Fitri hari besar Islam hari kebahagiaan bagi kaum muslimin yang Rasulullah menyebutnya “Yaumul Jaaizah” (hari pemberian hadiah pahala).

Kita sambut hari ini dengan shaum ramadhan yang diikuti dengan zakat fitrah dihiasi dengan ucapan takbir, tahlil dan tahmid dilengkapi dengan shalat Ied al-Fitri dan diakhiri dengan khutbah. Inilah Hari Raya Fitri.

‘Aidien ‘Aidaat yang berbahagia
Allahu Akbar Allahu Akbar Walillaahilhamd



A.      Hari Raya adalah Sunnah Fitriyah
Rasulullah Saw telah menjelaskan bahwa bagi setiap kaum mempunyai hari raya. Hari raya adalah sunnah fitriyah, pembawaan secara fitrah, manusia seara fitrah ingin dan senang pada hari raya (Mahmud Syaltut, 1966:489)

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ أَبُو بَكْرٍ وَعِنْدِي جَارِيَتَانِ مِنْ جَوَارِي الأَنْصَارِ تُغَنِّيَانِ بِمَا تَقَاوَلَتْ بِهِ الأَنْصَارُ فِي يَوْمِ بُعَاثٍ ‏.‏ قَالَتْ وَلَيْسَتَا بِمُغَنِّيَتَيْنِ ‏.‏ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ أَبِمَزْمُورِ الشَّيْطَانِ فِي بَيْتِ النَّبِيِّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ وَذَلِكَ فِي يَوْمِ عِيدِ الْفِطْرِ فَقَالَ النَّبِيُّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ "‏ يَا أَبَا بَكْرٍ إِنَّ لِكُلِّ قَوْمٍ عِيدًا وَهَذَا عِيدُنَا ‏"‏ ‏.

“Wahai Abu Bakar, setiap kaum memiliki hari raya dan hari ini adalah hari raya kita."
Rasulullah Saw datang ke Madinah, bagi orang-orang Anshor terdapat dua hari raya, yang mereka lakukan secara turun temurun sebagai warisan zaman jahiliyah, kemudian Rasulullah mengganti hari raya mereka dengan hari Iedul Fitri dan Iedul Adha. Hari raya Islam mengandung nilai Diniyyah, Ijimaiyyah dan Mazaya Kaumiyah / ciri khas golongan. Hal tersebut ditunjukkan sebuah hadits Nabi,

أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ أَنْبَأَنَا إِسْمَاعِيلُ، قَالَ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ كَانَ لأَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ يَوْمَانِ فِي كُلِّ سَنَةٍ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَلَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم الْمَدِينَةَ قَالَ ‏ "‏ كَانَ لَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا وَقَدْ أَبْدَلَكُمُ اللَّهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى ‏"‏ ‏.‏

"Orang-orang Jahiliyyah memiliki dua hari setiap tahun kapan mereka akan bermain. Ketika Rasulullah (SAW) datang ke Madinah, dia berkata: 'Anda memiliki dua hari ketika Anda akan bermain, tapi Allah SWT telah memberi umat Islam Sesuatu yang lebih baik dari mereka: hari Idul Fitri dan hari Al-Adha. '" Sunan an-Nasa'i 1556

B.      Arti Iedul Fitri
Secara bahasa, kata Iedul Fitri tersusun dari dua kata Ied dan Fitri. Kata Al-Ied dari kata Al-Aud artinya kembali,

العيد مشتقً من العود, فكلً عيد يعود بالسًرور. نيل الاوطار

Dan kata Al-Fitru sebalik dari kata shaum, artinya buka atau makan minum, karena kata shaum berarti menahan untuk makan-minum dan bersetubuh. Dan kata futhur apa yang dimakan oleh yang shaum untuk buka shaum (Taj Arus, 1:3347)

الفطر: نقيض الصوم, فطورا: أكل و شرب. تاج العروس
الفطور: ما يتناوله الصائم ليفطر عليهم. القاموس الفقهي

Dalam hadits Nabi

للصائم فرحتان: فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربًه. صحيح مسلم

Maka Iedul Fitri artinya hari raya yang datang sesudah Ramadhan. Hari raya buka/makan, sesudah tidak boleh makan-minum dalam shaum. Dan tidak diartikan hari kembali pada kesucian, karena kata kesucian dilafadzkan dengan kata fitrah.

Kata “fitrah” antara lain ditunjukkan ayat Allah dalam surat Rum ayat 30:

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Ar-Rum: 30)

Menurut Al-Raghib (428) fitrah adalah yang disiapkan Allah berupa potensi untuk menerima iman. Menurut Ibnul Jauzi (6, 302) fitrah adalah corak awal, naluri atau pembawaan. Dan menurut Al-Maraghi (7, hal 21 dan 44) fitrah adalah keadaan yang Allah ciptakan agar manusia memiliki kecenderungan terhadap haq dan siap menerima kebenaran. Dan Al-Jurjani (215) fitrah adalah pembawaan yang siap untk menerima agama Islam.

C.      Hari Raya dalam Islam
a. Iedun Usbuiyun yaitu hari jum’at, hari jumat sebagai hari raya ditunjukkan sebuah hadits Nabi Saw.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ، حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيلٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ أَبِي لُبَابَةَ بْنِ عَبْدِ الْمُنْذِرِ، قَالَ قَالَ النَّبِيُّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ "‏ إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَهُوَ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ يَوْمِ الأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ فِيهِ خَمْسُ خِلاَلٍ خَلَقَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ وَأَهْبَطَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ إِلَى الأَرْضِ وَفِيهِ تَوَفَّى اللَّهُ آدَمَ وَفِيهِ سَاعَةٌ لاَ يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا الْعَبْدُ شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ حَرَامًا وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ مَا مِنْ مَلَكٍ مُقَرَّبٍ وَلاَ سَمَاءٍ وَلاَ أَرْضٍ وَلاَ رِيَاحٍ وَلاَ جِبَالٍ وَلاَ بَحْرٍ إِلاَّ وَهُنَّ يُشْفِقْنَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ ‏"‏ ‏.‏

b. Ied Sanawiyun hari raya tahunan yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Sementara hari raya Fitri dan Adha ditunjukkan hadits Nabi

أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ أَنْبَأَنَا إِسْمَاعِيلُ، قَالَ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ كَانَ لأَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ يَوْمَانِ فِي كُلِّ سَنَةٍ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَلَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم الْمَدِينَةَ قَالَ ‏ "‏ كَانَ لَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا وَقَدْ أَبْدَلَكُمُ اللَّهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى ‏"‏ ‏.‏

Pada hari raya diperintahkan untuk shalat ied yang disyariatkan pada tahun pertama hijriyah, hukumnya sunnah muakkadah, lelaki dan wanita diperintahkan keluar untuk melakukannya.

فقه السنة – صلاة العيدين شرعت صلاة العيدين في السنة الاولى من الهجرة, وهي سنة مؤكدة واظب النبي صلى الله عليه وسلم عليها وأمر الرجال والنساء أن يخرجوا لها.


D.      Keutamaan Hari Raya Fitri

المعجم الكبير للطبراني –
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدٍ الرَّاسِبِيُّ ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ جَعْفَرٍ الْكَرْمَانِيُّ ، ثنا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ ، ثنا عَمْرُو بْنُ شِمْرٍ ، عَنْ جَابِرٍ ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَوْسٍ الأَنْصَارِيِّ ، عَنْ أَبِيهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِذَا كَانَ يَوْمُ الْفِطْرِ وَقَفَتِ الْمَلائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الطُّرُقِ ، فَنَادَوْا : اغْدُوا يَا مَعْشَرَ الْمُسْلِمِينَ إِلَى رَبٍّ كَرِيمٍ يَمُنُّ بِالْخَيْرِ ، ثُمَّ يُثِيبُ عَلَيْهِ الْجَزِيلَ ، لَقَدْ أُمِرْتُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَقُمْتُمْ ، وَأُمِرْتُمْ بِصِيَامِ النَّهَارِ فَصُمْتُمْ ، وَأَطَعْتُمْ رَبَّكُمْ ، فَاقْبِضُوا جَوَائِزَكُمْ ، فَإِذَا صَلَّوْا ، نَادَى مُنَادٍ : أَلا إِنَّ رَبَّكُمْ قَدْ غَفَرَ لَكُمْ ، فَارْجِعُوا رَاشِدِينَ إِلَى رِحَالِكُمْ ، فَهُوَ يَوْمُ الْجَائِزَةِ ، وَيُسَمَّى ذَلِكَ الْيَوْمُ فِي السَّمَاءِ يَوْمَ الْجَائِزَةِ " .
(http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=477&hid=616&pid=281325)

شعب الايمان للبيهقي –

(حديث قدسي) أَخْبَرَنَا أَخْبَرَنَا أَبُو عَلِيٍّ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ يَزْدَادَ الْفَارِسِيُّ ، ثنا أَبُو حَفْصٍ عُمَرُ بْنُ دَاوُدَ بْنِ سَلْمُونَ الأَنْطَرْسُوسِيُّ ، نا بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ أَبِي الذَّيَّالِ الأَصْبَهَانِيُّ الْمَعْرُوفُ بِالْجَوَازِلِيِّ ، نا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الشَّعَّارُ ، نا سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ ، نا الْقَاسِمُ بْنُ الْحَكَمِ ، نا هِشَامُ بْنُ الْوَلِيدِ ، نا حَمَّادُ بْنُ سُلَيْمَانَ السَّدُوسِيُّ ، عَنِ الضَّحَّاكِ بْنِ مُزَاحِمٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , فِي حَدِيثٍ ذَكَرَهُ فِي فَضْلِ شَهْرِ رَمَضَانَ ، فَقَالَ : " إِذَا كَانَ فِي لَيْلَةِ الْفِطْرِ سُمِّيَتْ تِلْكَ اللَّيْلَةُ : لَيْلَةَ الْجَائِزَةِ ، فَإِذَا كَانَ غَدَاةَ الْفِطْرِ بَعَثَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ الْمَلائِكَةَ فِي كُلِّ الْبِلادِ ، فَيَهْبِطُونَ إِلَى الأَرْضِ ، وَيَقُومُونَ عَلَى أَفْوَاهِ السِّكَكِ فَيُنَادُونَ بِصَوْتٍ يَسْمَعُهُ جَمِيعُ مَنْ خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلا الْجِنَّ وَالإِنْسَ فَيَقُولُونَ : يَا أُمَّةَ أَحْمَدَ ، اخْرُجُوا إِلَى رَبٍّ كَرِيمٍ يُعْطِي الْجَزِيلَ ، وَيَغْفِرُ الْعَظِيمَ ، فَإِذَا بَرَزُوا فِي مُصَلاهُمْ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : يَا مَلائِكَتِي ، مَا جَزَاءُ الأَجِيرِ إِذَا عَمِلَ عَمَلَهُ ؟ قَالَ : يَقُولُ الْمَلائِكَةُ : إِلَهَنَا وَسَيِّدَنَا ، جَزَاؤُهُ أَنْ تُوَفِّيَهُ . قَالَ : فَيَقُولُ : فَإِنِّي أُشْهِدُكُمْ يَا مَلائِكَتِي أَنِّي قَدْ جَعَلْتُ ثَوَابَهُمْ مِنْ صِيَامِهِمْ شَهْرَ رَمَضَانَ وَقِيَامِهِمْ رِضَائِي وَمَغْفِرَتِي ، وَيَقُولُ : يَا عِبَادِي ، سَلُونِي فَوَعِزَّتِي وَجَلالِي , لا تَسْأَلُونِي الْيَوْمَ شَيْئًا فِي جَمْعِكُمْ لآخِرَتِكُمْ أَعْطَيْتُكُمُوهُ ، وَلا لِدُنْيَاكُمْ إِلا نَظَرْتُ لَكُمْ ، وَعِزَّتِي , لأَسْتُرَنَّ عَلَيْكُمْ ، وَلا أَفْضَحُكُمْ بَيْنَ يَدَيْ أَصْحَابِ الْحُدُودِ ، انْصَرِفُوا مَغْفُورًا لَكُمْ قَدْ أَرْضَيْتُمُونِي ، وَرَضِيتُ عَنْكُمْ . قَالَ : فَتَفْرَحُ الْمَلائِكَةُ وَتَسْتَبْشِرُ بِمَا يُعْطِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَذِهِ الأُمَّةَ ، إِذَا أَفْطَرُوا مِنْ شَهْرِ رَمَضانَ " . .
(http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=4209&pid=928385&hid=17)

Karena itu disyariatkan agar anak kecil, para wanita, tua-muda, yang haid juga keluar untuk menyaksikan kebaikan dan mendengarkan dakwah pada tempat Ied. Yang haid jauh dari mushala.

Amarna an nakhruju...

Karena Iedul Fitri disebut “Yaumul Jaaizah” hari pemberian hadiah, hari gajian, maka termasuk perbuatan baik jika kita memberi gajian pada yang lain, pemerintah terhadap rakyat, majikan terhadap karyawan dan orangtua terhadap anaknya dan seorang terhadap lainnya. Ini Jaizah Dunia dan Jaizah Akhirat itu nanti.

E.       Nilai Pendidikan dalam Iedul Fitri (Mahmud Saltut 1966:490)

1. Mengingat Nikmat Tasyri Ilahi
a. Iedul Fitri meletakkan dasar-dasar pembangunan syariat Islam
Ketika Rasulullah Saw berdakwah di Makkah selama 13 tahun kurang mendapat perhatian, Rasulullah selanjutnya berhijrah ke Madinah disinilah beliau mulai meletakkan dasar-dasar pembangunan syariat Islam; dengan keberhasilan perang badar tahun 2 hijriyah (624 M) dan awal Istighatsah.


(Ingatlah), ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberi ketenteraman dari-Nya, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian). (Al-Anfal: 11)

Allahuma ahnahum...

b. Iedul Adha, Hari penyempurnaan Ajaran Ilahi Al-Wahid
Ditandai dengan Fathu Makkah tahun 8 Hijriyah tanggal 17 Ramadhan tersirat dalam Al-Quran:

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, (1) dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah, (2) maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat. (3) – Q.S. An-Nasr



Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu. (Al-Maidah: 3)

2. Terkandung Ni’mah Huriyah (Nikmat Kebebasan individu)
a. Ni’matun hurriyatun yaumiyyah, yaitu nikmat kebebasan harian saat buka puasa “’Indal Fithri” sabda Nabi “Farhatun ‘inda fithrih”
b. Ni’matun hurriyatun syahriyyah, yaitu nikmat kebebasan bulanan saat “iedul Fitri” nikmat bebas diakhir shaum, menanti ridwan dan maghfirah Allah.

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung. (At-Taubah: 72)

3. Terdapat “Farhah” Kepuasan
a. Farhah Qiyam Bil Wajib. Kepuasan karena telah melakukan kewajiban,
Innii qumtu ramadhaana...
b. Farhah Tsiqah Li Husni Al-Jaza. Kebahagiaan karena keyakinan kuat dapat balasan berlimpah.
- Ibadah shaum lebih mulia dari ibadah yag lain, sabda Rasul:
Qaalallahu ta’aala...
- Pahala shaum berlipat ganda tak terhingga,
‘alaika bishaaimi...
- Shaum memberi syafaat pada hari kiamat
Ashiyaamu wal quraanu...
- Dengan shaum dijauhkan dari api neraka,
Inna fiel jannati...

4. Rihlah Ruhiyah dan Rihlah Badaniyah Ruhiyah
Ketika hari fitri tiba orang mu’min mengakhiri rihlah ruhiyahnya yaitu rihlah shaum dan siap memulai rihlah yang baru yaitu rihlah badaniyyah ruhiyah, rihlah tersebut adalah rihlah al-hajj.

(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat! (Al-Baqarah: 197)

5. Madhar Al-Farhi (Kebahagiaan yang tampak)
a. Tampak kebahagiaan materi / madhar al-farah al-mady
- Saling mengucapkan tahniah
Kaana ashabu rasulullah...
- Saling mengunjungi / tazawarun
Waqolat ‘aisyah...
- Saling mengasihi / tarahamun
Ata (rasulullah)...
- Memperindah dan menghias diri / tajamal – tazayan
Amarna rasulullah...
- Bersenang menikmati rizki Allah.
Waanna nadhi...
- Bersenang-senang bermain untuk rilek badan dan tenang jiwa seperti dilakukan Habasyah dan Anshar.
Alla’ibu almubaahu...

b. Tampak kebahagiaan ruh / madhar al-farah al-ruhy. Membuka hari fitri mereka dengan pergi ke mushala untuk menunaikan shalat, suara takbir yang mengagungkan kebesaran Allah dan merasakan kerendahan diri, suara tahlil yang menyatakan tidak ada tuhan kecuali Allah yang satu, suara tahmid yang memuji atas kekuasaan Allah dan tarbiyahnya.

c. Tampak kebahagiaan hati / madhar al-farah al-‘athify.
- Menyayangi dan mengasihi fuqara, masakin dan orang yang hajat, maka dengan aspek tersebut terjalinlah hubungan dengan tuhannya lewat ibadah dan hubungan dengan sesama manusia lewat rasa saling mencintai dan persaudaraan.

- Rasulullah memerintahkan untuk bershadaqah untuk memperkuat tali kecintaan dan persaudaraan.
Ataa (rasulullah)...

Kebahagiaan muslim pada hari fitri bukanlah kebahagiaan yang semu, kosong, hampa dan main-main yang dipenuhi pengharaman dan penolakan terhadap kebenaran, tapi kebahagiaan yang indah penuh ibadah; baik ibadah jasad maupun ibadah ruh. Untuk itu tetaplah orang muslim dalam aturan Tuhan dan shaumlah dari pengharaman, maka pasti akan memperoleh hari raya di bumi dan hari-hari raya di langit.

 فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربًه


Ketaatan kepada Allah dan Rasul akan memperoleh kebahagiaan yang besar dan melimpah.

Niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia menang dengan kemenangan yang besar.

* * *

Khutbah ‘Iedul Fitri 1438 H / 2017 M
1 Syawal 1438 H / Ahad, 25 Juni 2017

Imam/Khatib: DR. H. Dedeng Rosidin. M.Ag
Diketik ulang oleh: Asep Hakim (catatan: tulisan bahasa arab masih perlu penyempurnaan)

Download makalah hasil scanner disini