Wa'bud Rabbaka Hatta Ya'tiyakal Yaqien

Khutbah Umar bin Khattab


Pajagalan.com - Tugas pemimpin yang paling penting terhadap rakyatnya, adalah mendahulukan kewajiban mereka terhadap Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam dienul Islam sebagai petunjuknya.

Tugas kami untuk meminta kalian, penuhi apa yang Allah perintahkan sebagai hamba-Nya yang ta'at. Serta menjauhkan kalian dari perbuatan maksiat terhadap Allah SWT. Kami juga harus terapkan perintah-perintah Allah dimana setiap orang diperlakukan sama dengan adil. Dengan begitu, kita beri kesempatan kepada yang bodoh untuk belajar, yang lengah untuk memperhatikan, dan yang sedang mencari uswah untuk di ikuti.

Untuk menjadi orang beriman yang sejati tak didapatkan dengan mimpi, tapi dengan perbuatan yang nyata. Semakin besar amal perbuatan seseorang, semakin besar pula balasan dari Allah. Dan jihad adalah puncaknya amal kebaikan. Barang siapa ikut berjihad dan meninggalkan perbuatan dosa harus ikhlas menjalaninya. Sebagian orang menyatakan sudah ikut berjihad, tapi jihad di jalan Allah yang sesungguhnya adalah menjauhkan diri dari dosa.

Tak ada yang di sayangi Allah Yang Maha Perkasa dan bermanfaat bagi manusia daripada kebaikan pemimpin berdasarkan pemahaman yang benar dan wawasan yang luas. Tak ada yang paling di benci Allah selain ketidaktahuan dan kebodohan pemimpin. Lebih baik bagiku mengganti gubernur setiap hari daripada membiarkan orang zalim sebagai pejabat dalam satu jam. Mengganti gubernur lebih mudah daripada mengubah rakyat. Jika semuanya yang dibutuhkan rakyat disiapkan dengan baik untuk mengganti gubernurnya akan menjadi hal mudah. Maka barang siapa yang mengurusi urusan orang muslim, bertakwalah kepada Allah dalam memperlakukan rakyatnya. Kepada semua pejabat jangan memukul orang untuk menghinakan mereka, jangan meniadakan hak mereka serta tak mengurus mereka, jangan menyusahkan mereka sehingga mereka merasa berat.

Sumber:
Ujank Dacep
https://www.facebook.com/abu.haqqa.7
Group Facebook PERSIS Community

0 Response to "Khutbah Umar bin Khattab"