$type=carousel$cols=3

Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia

Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia, cara mengingat mati agar selamat dunia dan akhirat

Mengingat mati adalah salah satu cara agar kita menjadi manusia beruntung, baik di dunia maupun di akhirat. Kita sadar sesungguhnya kematian pasti akan menjemput kita, kuburan menjadi penyimpanan jasad kita, hari kiamat akan menjadi tempat berkumpulnya kita dan Allah s.w.t. akan menghukumi kita, yang baik akan mendapatkan kebaikan dari-Nya dan yang jelek akan menerima balasan sesuai dengan amal kejelekannya, Ia adalah Dzat yang Maha Bijaksana, tidak ada satupun makhluk yang merasa teraniaya atau terzalimi dengan kebijakan hukum dari-Nya.

Allah berfirman:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Q.S. Ali Imran, 03: 185)

Mengingat mati dapat melunakkan hati kita yang membeku untuk senantiasa mengingat Dzat yang tidak pernah melupakan kita, mengingat mati dapat mempersiapkan diri kita,  jika tiba-tiba ajal menjemput kita, mengingat mati dapat menjadikan kita selalu menerima kata-kata bijak yang menasehati diri kita dan mengingat mati juga dapat menjadikan diri kita lebih waspada akan tipu daya dunia. Sudah berapa kali keindahan dunia telah memperdayai kita, sudah berapa kali kenikamatan dunia telah mengalahkan kenikmatan dzikir kita kepada Allah s.w.t. dan sudah berapa kali gemerlap dunia telah menyilaukan mata kita untuk melihat keagungan-Nya?

Nabi Muhammad s.a.w. bersabda:

أَكْثِرُوْامِنْذِكْرِالْمَوْتِفَإِنَّهُيُمَحِّصُالذُّنُوْبَوَيُزَهِّدُفِيالدُّنْيَا

“Perbanyaklah mengingat mati, karena mengingatnya dapat mengahapus dosa dan menjadikan zuhud pada dunia”. (R.H. Ibnu Abi al-Dunya)

Dan sabdanya:

أَكْثِرُوْاذِكْرَهَاذِمِالْلَذَّاتِ) يعنيالْمَوْتَ

“Perbanyaklah mengingat sesuatu yang dapat memusnahkan rasa nikmat, yaitu mati”. (Al-Tirmdzi & Ibnu Majah)

Al-Junaid seorang ulama’ sufi terkemuka, berwasiat kepada para sahabatnya: Saudaraku. Beramallah, dan bersegeralah sebelum kematian segera menjemput anda, cepat-cepatlah sebelum ia lebih cepat memanggil anda. Sementara itu Allah s.w.t. telah memberi anda nasihat melalui kejadian-kejadian teman anda yang telah mendahului anda, sahabat-sahabat anda yang telah dihijrahkan dari alam dunia menuju ke alam baka, maka pelajaran itulah bagian anda yang masih tersisa dan paling berharga. Bila tidak demikian, maka celakalah anda.

Syaikh Amin Kurdi dalam kitab Tanwiru al-Qulubmenjelaskan hikmah dari mengingat mati, beliau berkata, “Mengingat mati akan menjadikan manusia mulia sebab tiga perkara:

1.    Tidak pernah menunda-nunda untuk bertaubat.
Orang yang selalu mengingat mati, hidupnya akan dimuliakanoleh Allah s.w.t., karena dia tidak akan pernah menunda-nunda untuk bertaubat. Orang yang mengingat mati akan salalu mempersiapkan diri untuk kembali menghadap kepada Allah s.w.t. dengan memperbanyak istighfar dan menyesali semua dosa-dosa yang telah ia lakukan, berjanji dalam hatinya untuk tidak melakukan lagi, serta bersemangat dalam melakukan ketaatan kepada Allah s.w.t.. Ini adalah kreteria dari taubatan nasuha, yaitu taubat dengan murni atau dengan sebenar-benarnya.

“Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya”. (Q.S. al-Tahriim, 66: 8)

2.    Hati yang qana’ah
Orang yang selalu mengingat mati, akan memiliki hati yang qana’ah, yaitu menerima pemberian Allah s.w.t. Miskin dan kaya sama saja bagi orang yang selalu mengingat mati, karena ia sadar bahwa kehidupan dunia hanya tempat transit menuju kehidupan yang kekal abadi, yaitu kehidupan di alam akhirat. Maka dari itu orang yang selalu mengingat mati, dirinya akan fokus melakukan ibadah kepada Allah s.w.t., dunia hanya dijadikan jembatan menuju kehidupan akhirat.

3.    Semangat untuk beribadah.
Orang yang mengingat mati akan menjadi mulia, karena dengan mengingat mati ia merasa lebih semangat untuk melakukan ibadah dan ia sadar bahwa sebaik-baiknya bekal adalah takwa.

“Berbekallah, dan Sesungguhnya Sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang berakal”. (Q.S. al-Baqarah, 2: 197)

Syaikh Ismail dalam kitabRuhul Bayan Barkata: sesungguhnya setiap manusia akan menempuh dua perjalanan. Perjalanan ketika berada di dunia dan perjalanan ketika meninggalkan dunia. Perjalanan ketika berada di dunia pasti membutuhkan bekal, yaitu makanan, minuman, kendaraan dan harta. Dan perjalanan ketika meninggalkan dunia juga pasti membutuhkan bekal, yaitu mengetahui dan mencintai Allah s.w.t., berpaling dari yang lain-Nya dengan menyibukkan diri dalam kepatuhan kepada-Nya, dan menjahui segala larangan-Nya. Ini adalah sebaik-baiknya bekal.
Judul: Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia
Penulis : Badruzzaman, S.Pd.I
Ilustrasi gambar dari: Hidayatullah.com

KOMENTAR

Kirimi saya artikel Pajagalan! Untuk langganan artikel keislaman Pajagalan.com via Feed Klik Disini, atau jika Anda ingin dikirim email tentang berita dan update artikel Pajagalan.com silakan masukkan email Anda dibawah dan ikuti petunjuk selanjutnya.
Nama

Aam Amiruddin,3,Adab Berada dalam Masjid,2,Adab Di Majelis,1,Adab Di Majlis,1,Adab di Masjid,2,Adab Islami,9,Adab Menuntut Ilmu,2,Adab Penuntut Ilmu,1,Adab Terhadap Allah,1,Adab Terhadap Allah Azza wa Jalla,1,Adab Terhadap Ayah Bunda,1,Adab Terhadap Ibu Bapak,1,Adab Terhadap Orang Tua,1,Akhlak Islami,1,Aliran Sesat,1,Amin Saefullah Muchtar,2,Android,1,apakah hormat bendera haram,1,Aplikasi,1,Aqidah,1,Artikel,44,Artikel Adab,1,artikel fikih,2,artikel fiqh,2,artikel Islam,23,Artikel Kiriman,46,Artikel Ramadhan,9,Artikel Siyasah,2,artikel tahajud,1,Artis Jadi Nabi,1,Artis Nabi,1,Artis Teladan,1,Awal Ramadhan,2,Baiti Jannati,10,Berita,31,Berita Persatuan Islam,2,Biografi,9,Buku,19,Bulughul Maram,1,Cerita Renungan,9,Dari Redaksi,5,Dewan Hisbah,10,Dewan Hisbah PP Persis,11,Diary Islami,1,Download,12,Download MP3 Alquran,2,Dunia Islam,6,Ekonomi dan Bisnis,4,Essay,1,Fatwa Dewan Hisbah,11,Fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam,10,Fatwa Dewan Hisbah Persis,10,Featured,6,Film Umar bin Khattab,32,Fiqh Ibadah,10,Hadits,2,hukum bendera negara,1,hukum mengangkat tangan hormat bendera,1,hukum menghormat pada bendera,1,Ibadah,4,Ibadah dan Muamalah,5,Iedul Fitri,2,Informasi,1,Internasional,13,Istifta,31,Istiqro',6,Jadwal Puasa,1,Jadwal Shaum,1,Jihad PP Persis,13,Kajian,28,Kajian Ramadhan,8,Kesehatan,1,Khazanah,1,Khutbah,19,Kisah Adam menurut alquran,1,Kisah dalam Alquran,2,Kisah Hud menurut alquran,1,Kisah Idris menurut alquran,1,Kisah Ishaq menurut alquran,1,Kisah Ismail menurut alquran,1,Kisah Lengkap Nabi Adam,1,Kisah Lengkap Nabi Hud,1,Kisah Lengkap Nabi Idris,1,Kisah Lengkap Nabi Ishaq,1,Kisah Lengkap Nabi Ismail,1,Kisah Lengkap Nabi Luth,1,Kisah Lengkap Nabi Nuh,1,Kisah Lengkap Nabi Shalih,1,Kisah Luth menurut alquran,1,Kisah Nabi,8,Kisah Nuh menurut alquran,1,Kisah Shalih menurut alquran,1,Kitab,1,Kolom Hikmah,7,Kolom Motivasi,8,Kristologi,1,kumpulan fatwa dewan hisbah persis,10,Kurban,2,MBC,1,MPI,2,Musik Islami,7,Muslimah,6,Nabi Adam,1,Nabi Adam dalam Alquran,1,Nabi Hud,1,Nabi Hud dalam Alquran,1,Nabi Idris,1,Nabi Idris dalam Alquran,1,Nabi Ishaq,1,Nabi Ishaq dalam Alquran,1,Nabi Ismail,1,Nabi Ismail dalam Alquran,1,Nabi Luth,1,Nabi Luth dalam Alquran,1,Nabi Nuh,1,Nabi Nuh dalam Alquran,1,Nabi Shalih,1,Nabi Shalih dalam Alquran,1,Nasional,11,Oase Iman,38,Penerbit Jabal,4,Pengajian Ahad Viaduct,13,Pengajian Pajagalan,2,pentingnya sholat dhuha,2,Percikan Iman,2,Persatuan Islam,5,Politik,1,Politik Islam,2,Profil,1,qiaymul lail,1,Quran dan Hadits,12,Qurban,1,Redaksi,4,Resensi Buku,2,RG-UG,1,Ringkasan Khutbah,7,Ringkasan Khutbah Jum'at,15,Sejarah Islam,5,shalat malam,1,shalat tahajud,1,Shiddiq Amien,13,sholat dhuha,1,Sholat Rawatib,1,Sholat Sunnat,1,Shop,19,Sigabah.com,4,Siyasah,2,Suara Santri,1,Surat Edaran PP Persis,2,Sya'ban,1,Syaaban,1,Syiah Bukan Islam,7,Tanya Jawab Bersama Ust Aam,11,tanya jawab islam,12,Tanya Jawab Seputar Bulan Ramadhan,9,Tazkiyatun Nafs,7,The Epic Series Omar,27,Tibbun Nabawi,1,Tsaqofah,2,Umar bin Khattab Series,5,Video,55,
ltr
item
Pajagalan.com | Buletin Masjid Pajagalan: Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia
Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia
Mengingat Mati Penawar Cinta Dunia, cara mengingat mati agar selamat dunia dan akhirat
http://1.bp.blogspot.com/-AQ6pxgLGdFE/UTGJkPhiT_I/AAAAAAAAHP4/wUcQOc1qVW0/s1600/ingat-mati.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-AQ6pxgLGdFE/UTGJkPhiT_I/AAAAAAAAHP4/wUcQOc1qVW0/s72-c/ingat-mati.jpg
Pajagalan.com | Buletin Masjid Pajagalan
http://www.pajagalan.com/2013/03/mengingat-mati-penawar-cinta-dunia.html
http://www.pajagalan.com/
http://www.pajagalan.com/
http://www.pajagalan.com/2013/03/mengingat-mati-penawar-cinta-dunia.html
true
4605599093145502030
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selanjutnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home Halaman Artikel Lihat Semuanya REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang Anda cari Kembali Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung